Jika tertarik untuk memasang iklan, silahkan hubungi Sdr Erik A Saputro di Wa 0856 6497 4415

Udah dapat THR?

Tips menarik yang recommended banget buat manfaatin THR kamu nih.

Adsense udah Sampai Batas Minimun?

Tahu gak berapa lama surat verivikasi Pin sampai !!

Pernah Selingkuh atau di Selingkuhin?

Ini loh sebab dan akibatnya teman.

Mau Wisata Yang Bebas Parkir?

Ayo datang beberapa destinasi wisata yang ada di Bengkulu berikut ini.

Tahu batu giling kan?

Tahu ngga gimana cara dari pembuatan batu giling tersebut?

Saturday, December 23, 2017

6 Langkah Cuci Tangan Menurut WHO

Tahu donk ya dengan pernyataan "kebersihan adalah sebagian dari iman?"
Yups ini adalah suatu kalimat yang menuntut kita nih untuk selalu memperhatikan yang namanya kebersihan, yang memang karena itu merupakan sesuatu yang wajib kita jaga nih teman-teman. Setuju atau pun tidak faktanya bahwa memang kebersihan ini turut andil dalam penentu kesehatan kita, dan memang memerlukan suatu perhatian khusus. Banyak saudara-saudara kita yang terkena berbagai penyakit yang di sebabkan tidak terkontrol nya faktor kebersihan ini tadi, mulai dari diare, tipes, flu dan lain sebagainya.

6 langkah cuci tangan

Dalam salah satu artikel yang di terbitkan oleh WHO (World Health Organization) yang bisa kalian temukan di situs resmi nya, ada sekitar 525.000 orang anak meninggal dunia tiap tahunnya akibat penyakit diare, bayangin aja teman jumlah segitu banyak anak-anak yang meninggal akibat satu jenis penyakit ini, kan serem yak. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah diare, termasuk air minum yang aman, penggunaan sanitasi yang lebih baik dan cuci tangan pakai sabun dapat mengurangi risiko penyakit.

Seperti yang kita ketahui teman-teman bahwa air minum, sanitasi yang lebih baik, dan bahkan cuci tangan ini bukan lah sesuatu yang begitu sulit untuk di laksanakan, namun kebanyakan dari orang awam, mereka tidak mengetahui tentang standar-standar apa saja yang sebenarnya layak, dan itu merupakan sesuatu yang fatal. Jika kita berbicara tentang air minum nih misalnya teman, banyak kan rumah tangga yang mengonsumsi air bukan dari sumber yang benar-benar bersih, atau sanitasi misalnya yaitu penciptaan lingkungan yang lebih baik, dalam hal ini adalah kebersihan yang kadang di beberapa tempat masih belum terjaga, bahkan masih banyak noh saudara-saudara kita yang membuang sampah disungai. Dan terakhir dari itu semua serta yang paling sederhana adalah tentang mencuci tangan dengan benar, kita ngomong apa adanya aja deh, bahkan kalo teman-teman makan pecel ayam di warungnya langsung nih misalnya, pasti cuci tangannya di kobokan dan asal basah aja kan? hahahaaa (iyaaaa benarrrrrrr)
Baik teman-teman ku sekalian, sebenarnya jika kita berbicara mengenai air minum yang baik maka air itu harusnya tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa, serta ada beberapa hal lain yang perlu diukur. Jika berbicara masalah sanitasi maka kuncinya adalah kepekaan kita terhadap kebersihan lingkungan. Jika kita berbicara mengenai mencuci tangan, maka wajib bagi teman-teman untuk mengetahui langkah-langkah yang benar dalam mencuci tangan.

Dari ketiga hal tersebut rasanya penting nih untuk saya infokan kepada teman-teman tentang bagai mana cara mencuci tangan yang benar, karena ini yang paling sederhana dan yang paling berpengaruh langsung ke tubuh kita. Baik langsung aja, cekidott :p

Ada enam langkah sebenarnya yang harus nya teman-teman lakukan ketika mencuci tangan, berikut gambar serta penjabarannya.
Pertama, silahkan teman-teman basahkan tangan dan gunakan sabun (sebaiknya sabun cair)  yang ada, atau jika tidak ada silahkan teman-teman bisa beli dulu gih di warung. Tuangkan sabun tadi secukupnya dan tolong jangan semuanya takut nanti boros, terus lakukan gerakan memutar antara ke dua telapak tangan. Urutannya seperti gambar berikut
cara cuci tangansabun cuci tangan


Kedua, bersihkan punggung tangan kiri dan kanan secara berkandian, ingat punggung tangan jangan punggung badan nanti kalian malah jadi mandi. Ketika membersihkan punggung tangan, lakukan hal ini dengan membuka ruas-ruas jari dan kemudian ikut di bersihkan.
who

Ketiga, bersihkan ruas jari tangan kanan dan kiri bergantian dengan posisi telapak tangan saling berhadapan.
cara cuci tangan

Keempat, lakukan gerakan mengunci antara tangan kanan dan kiri dan kemudian di gerakan, ini mirip posisi tangan orang-orang yang tengah mengikuti paduan suara itu loh.
cuci tangan

Kelima, bersihkan jempol tangan dengan cara menggenggam jempol tersebut berikutnya sedikit diputar, lakukan bergantian dengan tangan yang lain namun masih tetap dengan catatan itu adalah tangan kalian sendiri yah.
cara cuci tangan

Keenam, bersihkan ujung jari (kuku) dengan menggesekannya pada telapak tangan, lakukan seperti memutarkannya dengan telapak tangan sebagai dasar, lakukan bergantian antara tangan kanan dan kiri, setelah itu bilas dengan air dan silakan tenman-teman lap dengan tissue atau kering kan dengan pengering.
6 langkah cuci tangan

Oh iya sedikit catatan tambahan :
a. ketika menggunakan tissue cukup letakan tissue tengah-tengah tangan kanan dan kiri.
b. ketika mematikan air, teman-teman dapat melapisi tangan dengan tissue
c. saat membilas tangan turut siramkan juga keran air.
hand wash
 hygiene

Nah itulah tadi langkah-langkah yang benar ketika menccuci tangan, jangan lupa untuk selalu di terapkan serta beri tahu semua orang tersayang kalian yah teman-teman.
Jika ada yang mau ditanyakan atau perlu di bahas, silahkan tinggalkan sekata dua kata di komentar ya, terimakasih.

Thursday, December 21, 2017

Atlit Taekwondo Bengkulu Bikin "Geleng-geleng" Kepala, Kenapa?

Adalah Taekwondo yang merupakan salah satu cabang olah raga yang tengah berkembang dengan pesatnya di Indonesia, olahraga bela diri khas negeri ginseng Korea ini seakan menjadi daya tarik sendiri bagi para penikmatnya. Taekwondo merupakan suatu cabang olahraga beladiri yang lebih mengutamakan kemampuan tendangan, namun tidak melupakan pukulan.

taekwondo

Beberapa waktu yang lalu pada tanggal 16 hingga 17 Desember 2017 tepatnya di Cibubur, telah di adakan kejuaraan Jakarta Taekwondo Festival (JTF) yang di ikuti oleh kurang lebih 2.500 atlit taekwondo se Indonesia, widihh rameh yah, kalo diajak demo buat turunin harga listrik aja udah lumayan itu, hahahaaa. Dalam kejuaraan yang lumayan bergengsi ini teman, ternyata Bengkulu menjadi salah satu provinsi yang menakutkan, mau tau kenapa?

Coba kalian bayangkan, dalam even selevel itu Bengkulu hanya menurunkan 16 atlit dan semuanya dapat mendali, keren gak tuh?
Jadi gini teman-teman, dalam olahraga taekwondo ada unit-unit latihan yang di sebut dengan "dojang", yah kira-kira seperti perguruan lah jika kita bilang ini adalah silat. Nah di Bengkulu yang merupakan tempat tumbuh nya bunga raflesia ini, memiliki banyak sekali unit-unit latihan atau dojang tadi, adalah UMB (Universitas Muhammadiyah Bengkulu) yang juga ikut mendirikan dojang, dan seluruh 16 atlit yang menjuarai JTF itu anggota dari dojang UMB. Prok-prok prok (tepoookkk tangan).


Dalam taekwondo ada 3 jenis mendali yang di perebutkan pada setiap even atau kejuaraannya, yakni Emas (Juara 1), Perak (Juara 2), dan Perunggu (Juara 3). Teman-teman sekalian, pada even JTF ini para altit UMB yang merupakan perwakilan dari Bengkulu yang total nya sebanyak 16 orang tadi,  berhasil menyabet Emas 13 biji dan Perak 3, yang berarti tidak ada satu pun dari mereka yang tidak mendapatkan kan juara dan tidak ada satu pun dari mereka yang mendapatkan juara tiga, karena itu lah saya bilang ini bikin "geleng-geleng" kepala. Ternyata Bengkulu ini mempunyai anak-anak yang berprestasi luar biasa, yah setidaknya dalam cabang olahraga Taekwondo.

Sekarang teman, giliran pemerintah nih menurut saya yang harus banyak memberi dukungan kepada mereka, jangan sampai skill-skill yang luar bisa ini hilang percuma karena kurangnya perhatian, toh mereka sudah membuktikan kemampuannya. Dukungan dari pemerintah pasti akan membangun semangat mereka untuk lebih giat lagi dalam mengasah kemampuan, dan semoga saja akhirnya akan mampu membanggakan Indonesia, amin.

Baik itu saja teman-teman silahkan bagikan artikel ini jika berrmanfaat dan misalnya ada pertanyaan, silahkan coret-coret pada kolom komentar. Terimakasih ^_^

Monday, December 18, 2017

Pengertian Fungsi Komposisi Dalam Matematika

Fungsi komposisi merupakan salah satu sub bab yang di pelajari dalam matematika, biasanya di ajarkan di kelas 11 semseter 2, fungsi komposisi ini membahas mengenai domain, kodomain, pemetaan atau relasi. Dalam artikel ini akan saya berikan pengertian dari semua itu dengan cara penyampaian yang mudah di mengerti, hal ini agar dapat di pelajari langsung oleh teman-teman yang masih duduk di bangku SMA, dijadikan bahan penjelasan untuk orang tua murid guna membantu anaknya belajar, atau di jadikan bahan referensi bagi tenaga pendidik.

fungsi komposisi

Fungsi komposisi adalah pemetaan setiap anggota sebuah himpunan asal (domain) ke anggota himpunan hasil (kodomain).

Nah teman-teman, secara garis besar kalimat di atas merupakan pengertian dari fungsi komposisi dalam matematika, namun apakah itu pemetaan? apakah itu komposisi? apakah itu domain ? dan apakah itu kodomain ? terus apa gunanya belajar materi komposisi?
Ke lima pertanyaan itu, merupakan permasalahan saya dulu ketika pertama kali belajar tentang fungsi komposisi, saya sedikit missed dengan maksud-maksud dari pertanyaan-pertanyaan diatas, sehingga agar itu tidak terulang kembali oleh teman-teman sekalian, maka penting rasanya untuk saya informasikan kepada kalian.

Baca Juga : Cara Mengubah Video Menjadi Musik

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa fungsi komposisi merupakan suatu pemetaan, namun apakah itu komposisi dan pemetaan?
Komposisi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah susunan, dan  pemetaan ini merupakan suatu relasi, sedangkan relasi menurut KBBI adalah hubungan, sehingga bisa kita tarik kesimpulan bahwa pemetaan adalah suatu hubungan. Jika kita berbicara hubungan maka kita akan terlibat antaraa dua objek, karena yang namanya hubungan pasti lebih dari satu.
Dari pengertian fungsi komposisi yang telah kita definisikan diatas maka dapat kita ketahui bahwa fungsi ini menghubungkan suatu himpunan ke himpunan lain, yaitu domain dan kodomain.

Domain adalah himpunan asal, sedangkan kodomain adalah himpunan hasil, maka sebenarnya fungsi kompisi ini adalah suatu materi yang mempelajari bagai mana cara mencocokan satu objek/himpunan (asal) ke obek/himpunan lain (hasil).
Baik teman-teman, sampai disini kita telah menjawab empat ,dari lima pertanyaan yang perlu untuk di ketahui jawabannya sebelum masuk ke materi fungsi komposisi, hingga tibalah kita ke pertanyaan terakhir tentang apa sih sebenarnya guna belajar materi komposisi ini?
Kita akan berbicara mengenai guna dari pembelajaran fungsi komposisi, maka ini akan sama hal nya jika saya katakan bahwa saya akan memberi tahukan tentang penggunaan fungsi komposisi dalam ke hidupan sehari-hari.

Contoh fungsi komposisi ini dalam kehidupan sehari-hari adalah pada proses mendaur ulang logam, dimana pecaham logam campuran akan di hancurkan menjadi serpihan yang lebih kecil sehingga akan terdeteksi antar logam magnetik dan unsur besi, kedua unsur ini akan dipisahkan untuk kemudian masing-masing diolah kembali, nah pemisahan dan pemilihan biji logam ini adalah prinsip fungsi komposisi.

Nah teman-teman sekalian, sudah jelas bukan tentang pengertian awal dari fungsi komposisi?
Pada artikel berikut pada kategori pendidikan akan saya bahas mengenai materi fungsi komposisi dalam pembelajaran.
Semoga bermanfaat, terimakasih.

Saturday, December 16, 2017

Tips: 3 Cara Ampuh Mengantisipasi Bertemu Mantan di Pesta Pernikahan Teman

Undangan pernikahan, lambat laun pasti akan datang kepada teman-teman. Secarik kertas yang akan memberikan kabar tentang perubahan status ini kadang membuat sebagian orang merasa ter intimidasi, tentu saja karena banyak faktor, mulai dari takut bertemu dengan teman-teman lain yang akhirnya akan jadi bahan olok-olokan karena belum punya pasangan, takut baper melihat orang lain bersanding, hingga takut bertemu sang mantan, haahaha. Namun sebagai mahkluk sosial yang saling membutuhkan, harus rasanya kita membuang jauh anggapan-anggapan itu.

Berbicara mengenai mahkluk sosial yang saling membutuhkan, akan sangat erat rasanya jika kita membahas mengenai ketertarikan terhadap lawan jenis (bagi yang normal), banyak definisi yang menjabarkan tentang kondisi ini, namun yang paling populer baisa nya di sebut dengan jatuh cinta. Dan berbicara masalah cinta tentu saja akan sangat panjang pembahasannya, namun mari kita batasi semua ini hanya sebatas judul, yaitu MANTAN. 

mantan

Baik teman-teman, mantan ini adalah seorang atau beberapa orang mahkluk tuhan yang pernah memiliki hubungan spesial dengan kita, namun akhirnya harus berakhir entah itu secara baik atau tidak.  Banyak fakta yang terjadi dan sedikit bikin gagal faham sebenarnya, tentang kondisi yang terjadi ketika dua orang yang pernah saling mencintai dan akhirnya berpisah, mulai dari yang tetap baik-baik saja (tetap komunikasi yang baik), terus ada yang jaim-jaim an, ada yang blokir-blokir an, ada yang maki-maki an, dan sebagai nya.

Beberapa fakta-fakta lapangan itu lantas membuat saya berfikir, berarti ini bukanlah sesuatu yang baik. Hey jika pada akhirnya kalian harus saling sindir ketika status kalian telah berubah menjadi mantan, lantas kenapa dulu kalian bersama, ini seperti kalian menyindir diri kalian sendiri yang telah mau memiliki hubungan dengan mantan kalian, dan tentu saja itu bukan lah sesuatu yang tidak baik.

Baca Juga : Tips, Solusi Untuk Kamu Yang Galau Akibat Asmara

Tak bisa di pungkiri memang ketika orang-orang berkata bahwa jika kita bertemu dengan dia (mantan) akan sangat tidak nyaman jadinya, apa lagi bertemunya di pesta pernikahan yah, dan harus saya katakan bahwa itu benar !!
Namun sebenarnya, rasa tidak nyaman itu muncul akibat dari prespektif kalian sendiri yang masih beranggapan buruk atau bahkan masih ada rasa suka di dalam diri kalian, ini lah yang pada akhirnya membuat rasa tidak nyaman itu terus menghantui
Nah bagi kalian yang susah sekali untuk mengusir rasa itu (tidak nyaman), maka tiga hal ini mungkin bisa di coba kala bertemu mantan saat mengahdiri pesta pernikahan teman kalian

Fokus Dengan Tujuan
Untuk kalian nih yang terpaksa harus bertemu dengan mantan ketika menghadiri acara pernikahan teman kalian, sebaiknya cukup berfokus pada acara yang tengah berlangsung. Yah semacam peringatan lah yah, jangan sesekali kalian mencoba menggombali kembali mantan kalian itu jika tidak siap merasakan keterpurukan yang lebih dalam, hahaaa bercanda !!!. Jangan terlalu di fikirkan tentang apa yang akan teman-teman kalian katakan saat bertemu mereka, toh kalian datang ke sana juga kan bukan untuk mendengar ocehan-ocehan mereka, cukup ikuti alur acara dan sempatkan doa terbaik untuk yang membuat acara. Mulai lah tanamkan konsep bahwa keputusan perpisahan yang telah kalian ambil itu merupakan jalan terbaik dari-Nya, dan itu akan membuat kalian jauh lebih tegar.

Jauhkan Anggapan Yang Bikin Baper
Ini kadang banyak di lupakan oleh mereka para kaum baper, mereka-mereka yang beranggapan bahwa sang mantan masih memiliki persaraan, lantas membuat nya jadi grogi ketika bertemu, dan saya katakan TIDAKKKK!! hey, sudahlah kalian hanya akan semakin susah untuk melihat jalan terbaik yang sudah ada di depan mata, toh kalian berpisah kan karena memang perasaan itu sudah mulai pudar, jadi hentikan alasan-alasan konyol di kepala kalian itu, bangkit dan berlarilah #lari dari kenyataan. :p

Persiapkan Isu-Isu Sosial Sebagai Kambing Hitam
Nah tips ke tiga ini sangat penting nih, jika pergi ke acara pernikahan teman kalian tentu akan sangat besar kemungkinannya bertemu dengan teman-teman yang lain donk yah, dan disinilah sebenarnya moment menyakitkan itu akan datang, mulut-mulut yang tak bertanggung jawab akan mulai mengungkapkan fakta-fakta tentang kamu dan sang mantan, jadi untuk mengantisipasi itu semua kalian harus menyiapkan kambing hitam sebagai pengalihkan pembicaraan, tentang sesuatu yang sedang hangat-hangat nya terjadi, percayalah itu akan membantu kalian, yah setidaknya sebelum bahan pengalihan kalian habis, namun jika sudah habis maka bersabarlah :D

Baik teman-teman itu lah tadi ketiga tips yang bisa kalian terapkan saat harus bertemu mantan di acara pernikahan teman kalian, dan akan baik rasanya jika kalian coba.
Semoga bermanfaat, terima kasih.

Saturday, December 9, 2017

Tahu Kah Kalian Apa Itu Ar-Rayah dan Al-Liwa, Bahas Yuk ???

Beberapa waktu yang lalu, kita sedikit di hebohkan dengan adanya diskusi umum yang di selenggarakan oleh salah satu stasiun televisi swasta, diskusi ini membahas perihal  acara yang baru saja dilaksanakan di monumen nasional (monas) Jakarta, acara yang berjudul Indonesia Lawyers Club (ILC) ini mengusung tema, "Perlukah Reuni 212?" dan mengundang beberapa tokoh yang cukup berpengaruh, seperti Ust. Felix Siaw, Fadli Zon, Fahri Hamzah, dan yang lainnya. Acara ini  di pandu oleh Karni Ilyas sebagai seorang pembawa acara yang cukup hebat.

Seperti yang teman-teman telah ketahui bersama, bahwa acara ini (ILC) memang merupakan sebuah acara yang selalu menyuguhkan tontonan menarik seputar isu-isu yang terjadi dan di bahas bersama nara sumber - nara sumber ahli, namun episode kali ini menjadi begitu luar biasa serta membangun berbagai opini publik, selain karena dipertemukannya Ust. Feliz Siaw dengan Ust. Abu Janda yang memang memiliki perbedaan pandangan terhadapat acara itu, episode kali ini pun membahas isu-isu yang sedang hangat-hangatnya berada di tengah masyarakat.

Dalam rentetan diskusi yang dilaksanakan pada acara tersebut (ILC), tertarik saya akan suatu pembahasan mengenai bendera Ar-Rayah dan Al-Liwa. Bendera apakah itu? dan kenapa bendera itu begitu penting hingga masuk dalam pembahasan orang-orang yang memiliki intelektual tinggi ini?
ar rayah dan al liwa

Baik teman-teman, saya tidak akan membahas tentang bendera itu dengan berbagai fikiran yang membingungkan, karena fokus saya yaitu memberikan informasi dengan cara yang paling sederhana agar lebih mudah untuk teman-teman fahami bersama, karena tujuan pembuatan artikel ini bukan untuk mereka yang telah faham akan bendera itu, namun bagi mereka yang benar-benar belum tahu apa-apa tentang bendera itu.

Sebelum itu, mari kita sedikit mengingat kembali tentang acara yang baru dilaksanakan di monumen nasional (monas) beberapa hari yang lalu. Pada acara yang di hadiri oleh insyaAllah jutaan orang itu, ada suatu bendera memang yang berwarna hitam dengan tulisan berbahasa arab yang berwarna putih turut menghisi acara tersebut, dan menurut sebagian orang, itu adalah bendera milik salah satu organisasi masyarakat (ormas) yang telah di bubarkan sebelumnya, yaitu Hisbut Tahrir Indonesia (HTI) lantas benarkan demikian?

Dalam pembahasan di ILC bagi teman-teman yang telah menonton acara tersebut, sebenarnya telah di jelaskan secara rinci oleh Ust. Felix Siaw tentang bendera apakah itu sebenarnya, kenapa bendera itu turut andil dalam acara yang besar itu, yah bendera Ar-Rayah (bendera hitam dengan tulisan arab berwarna putih). Nah teman, saya akan memberikan kalian sedikit pemahaman tambahan tentang bendera itu agar kita tidak hanya menjadi pendengar yang baik saja, namun setidaknya sedikit memahami apa yang tengah di bicarakan oleh orang-orang itu.

Selayaknya sebuah bendera, merupakan simbol akan sesuatu yang memiliki makna-makna tertentu, begitupun dengan Ar-Rayah dan Al-Liwa ini. Untuk mempermudah pemahaman teman-teman maka yang pertama, penting menurut saya untuk memberikan informasi ini bahwa, bendera Ar-Rayah itu berwarna Hitam, sedangkan bendera Al-Liwa itu bermarna Putih, secara sederhana dengan melihat dari kedua warna itu saja seharusnya kita bisa mengetahui bahwa terdapat perbedaan antara ke dua bendera itu.

Teman-teman sekalian, bendera Ar-Rayah (Hitam) merupakan bendera yang seharusnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari Al-Liwa (Putih), fungsi dari bendera ini pada jaman nabi Muhammad S.A.W adalah sebagai panji jihat oleh para pemimpin-pemimpin detasemen, jadi setiap pemimpin-pemimpin pasukan itu memiliki atau diberikan satu bendera ini sebagai tanda kepemimpinannya. Sedangkan bedera Al-Liwa (Putih) merupakan bendera yang mewakili atau sebagai tanda dari kedudukan pemimpin, yang biasanya di pegang oleh pemimpin tertinggi dari peperangan, yaitu khalifah atau orang yang telah menerima mandat dari khalifah. 

Nah untuk lebih mudah femahaman teman-teman, contoh penggunaan dari bendera itu kira-kira seperti ini. Jika dalam permainan catur terdapat bidak raja, mentri, kuda dan benteng, maka raja yang akan memegang bendera Al-Liwa (putih), sedangkan mentri, kuda, dan benteng, masing-masing dari mereka akan memegang bendera Ar-Rayah (Hitam).Bagai mana, sudah jelas teman?

Kedua bendera yang menjadi salah satu topik pembicaraan ini, memiliki tulisan arab yang merupakan kalimat syahadat. Kalimat syahadat ini pasti di ucapkan oleh semua umat muslim yang ada di dunia. Sehingga bendera Ar-Rayah ini sebenarnya bisa di kalim oleh siapapun selama dia adalah umat muslim, karena memang itu adalah bendera mereka. Jadi teman-teman sekalian, kedua bendera ini bukan lah milik HTI, namun sah-sah saja HTI menggunakan bendera ini sebagai bendera mereka, karena mereka merupakan muslim yang seperti saya katakan sebelumnya bahwa siapapun selama dia adalah muslim, boleh menggunakan bendera perjuangan ini.

Nah, sudah faham bukan tentang bendera Ar-Rayah dan Al-Liwa ?
Bagi kalian yang ingin bertanya atau masih mengalami kebingungan akan bendera ini, silahkan tulis di komentar. 
Terima kasih semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tuesday, December 5, 2017

Hastag Karnaval Batik Besurek 2017, Tranding Nih di Twitter !!!

Batik, merupakan salah satu warisan budaya asli yang di miliki oleh Indonesia, hampir disemua wilayah Indonesia memiliki motif batiknya sendiri-sendiri, mulai dari Aceh, Bali, Bojonegoro, Banyuwangi, Brebes, Bengkulu dan daerah-daerah lainnya. Batik ini merupakan kain bergambar yang dalam proses pembuatannya di tulis atau menerakan malam pada kain tersebut, yang kemudian di rendam dengan air berwarna, proses ini sebenarnya tergantung dari tiap-tiap daerah, ini lah yang menjadi ciri khas batik dari tiap-tiap daerah itu. Batik ini sendiri telah dipatenkan sebagai warisan budaya yang ada di Indonesia, sehingga wajib bagi masyarakatnya untuk merasa bangga akan fakta bahwa kita punya pakaian keren ini.

Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 04 Desember 2017, salah satu provinsi yang ada di Indonesia, tempat dimana Bunga Bangkai dan Raflesia sering menampakan diri, telah mengadakan suatu karnaval yang terbilang sangat bagus. Yup karnaval Batik, karnaval ini di ikuti oleh berbagai kalangan, yang menampilkan berbagai hasil kerajinan tangan dari para pengrajin Batik Besurek yang ada di Bengkulu, dan pada hari itu juga Hastag Karnaval Batik Besurek 2017 menjadi trending Indonesia di Twitter pada peringkat dua, posisi ini mengalahakan ketenaran Panglima TNI, namun di bawah posisi dari Hastag Kabar Dunia Bola Dot Com . Tentu saja ini merupakan suatu hal  yang membanggakan, diharapkan dengan menjadi trandingnya Hastag Karnaval Batik Besurek 2017 masyarakat Indonesia yang gemar berselancar di dunia maya khususnya Twitter, dapat tertarik untuk melihat apa isi dari hastag tersebut hingga akhirnya, tertarik untuk datang ke Bengkulu dan di jadikannya Bengkulu sebagai tujuan wisata.
karnaval batik besurek 2017
Tranding Topic Indonesia
Kegiatan-kegiatan semacam ini (Karnaval Batik Besurek) sangat baik jika sering diadakan, karena ini dapat memancing wisatawan-wisatawn lokal atau bahkan asing untuk menginjakan kakinya di bumi Raflesia yang timbal baliknya, dapat meningkatan perekonomian masyarakat. Nah kita nih sebagai pemuda yang ada di Bengkulu, sudah sewajarnya untuk turut dalam mempromosikan itu semua, yah setidaknya hal kecil itu merupakan awal dari berbagai hal besar yang dapat kita lakukan untuk Bengkulu.

Kegiatan karnaval batik besurek ini di laksanakan dari tanggal 04 Desember hingga 06 Desember 2017, tak hanya batik besurek aja loh teman, dalam kegiatan ini turut di tampilkan beberapa produk kreatif lainnya, seperti  Kain Batik Etnik, Kerajinan Tangan Tradisional, Souvenir, Litbang di Bidang Perwarnaan Batik dan sebagainya. Dan karnaval ini turut mengadakan berbagai perlombaan kece seperti Drumb Band, lomba layang-layang hingga nantinya akan ada parade musik dol yang merupakan alat musik tradisional milik Bengkulu. Berikut beberapa dokumentasi dari keseruan yang ada di Karnaval Batik Besurek 2017.
karnaval batik besurek 2017
Pengunjung yang memadati karnaval batik besurek 2017
karnaval batik besurek 2017
Anak-anak yang ikut karnaval batik besurek 2017

karnaval batik besurek 2017
Bunga Raflesia ditengah kota
karnaval batik besurek 2017
Kok saya seperti melihat masa depan sama adek ini ya,? ehh
Bagaimana teman? menarik bukan?
Inilah dia salah satu pakaian yang menjadi kebanggaan Bengkulu, nah bagi teman-teman yang belum punya batik Besurek, segera beli deh karena batik Besurek ini memiliki corak atau motif yang keren-kereng banget dan bisa di padukan dengan berbagai jenis pakaian, ntah itu formal kah atau casual kah, dan cocok untuk hampir semua acara serta kegiatan teman.
Itulah tadi sedikit ulasan saya tentang Karnaval Batik Besurek 2017 yang telah menjadi trending Indonesia di Twitter pada tanggal 04 Desember lalu, memang wajar yah menjadi trending, karena karnaval nya yang memang benar-benar sangat mewah dan bagus, salut deh untuk pemerintah kota Bengkulu yang telah mengadakan karnaval kece badai satu ini. Baik teman, Silahkan beri pendapat atau opini kalian tentang Hastag Karnaval Batik Besurek 2017 ini, semoga artikel ini bermanfaat, dan  jangan lupa untuk berbagi.

Baca Juga

Saturday, December 2, 2017

Fasilitas Umum Di Bengkulu Banyak Hilang, Tiang Lampu Jalan Sawah Lebar Kemana ???

Bengkulu-Sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia, Bengkulu turut aktif dalam pembangunan-pembangunan fasilitas umum, hal ini dapat terlihat dari banyaknya proyek yang tengah di galang oleh pemerintah untuk mempercantik kota bunga Raflesia ini. Mulai dari pembangunan objek jembatan wisata yang ada di Pantai Panjang, pembangunan Taman Digital yang ada di simpang lima, pelebaran jalan yang ada di Rawa Makmur, hingga pemasangan tiang lampu penerang jalanan yang ada di Sawah Lebar.

tiang lampu jalan
Tiang lampu Jalan Sawah Lebar
Dalam artikel ini, saya akan coba membahas mengenai salah satu dari berbagai pembangunan tersebut, yaitu tiang lampu jalan yang ada di Sawah Lebar. Tentu teman-teman yang bersal atau berdomisili di Bengkulu sudah familiar pastinya dengan lampu penerang yang pernah hits beberapa waktu lalu ini bukan. Lampu-lampu penerangan yang berjejer rapi ini memang terlihat sangat menarik teman, tak hayal tiang-tiang lampu penerangan ini dijadikan tempat nongkrong bagi anak-anak muda hingga dijadikan destinasi wisata dadakan yang cukup unik, ini terlihat dari cukup banyak nya warga yang mengabadikan foto disana.
Tiang Lampu Jalan
Tiang Lampu Jalan Terlihat Menarik Dimalam Hari
Terlihat menarik bukan? yah itu adalah foto saya ketika mencoba mengikuti trend foto yang lagi hits-hits nya. Tiang lampu yang seukuran kurang lebih 2 meteran ini memiliki 2 sisi ruang yang masing-masingnya tersemat satu bola lampu berwarna putih, bola-bola lampu itu di lindungi oleh kaca dan tulang-tulang pelindung yang terbuat dari alumunium. Tiang lampu ini di percantik dengan ukiran-ukiran yang terlihat klasik di bagian bawah pelindung bola lampu nya, kemudian di cat dengan warna hitam menjadi kan tiang-tiang lampu ini terlihat mewah.

Tiang-tiang lampu ini dipasang sepanjang jalan Meranti (simpang tiga Sawah Lebar) hingga jalan Dempo (simpang tiga Univ Daehasen) Yang memiliki jarak kurang lebih 450 Meter, ini saya ukur menggunakan google maps seperti gambar di bawah ini.

jarak tiang lampu bengkulu
Perkiraan Jarak Pemasangan Tiang Lampu
Jika misalnya, tiang-tiang lampu itu dipasang per 10 meter maka di setiap sisi jalan akan terpasang 45 tiang lampu, itu berarti untuk ke dua sisi jalan maka jumlah yang terpasang adalah 90 (kemungkinan lebih, karena jarak 10 meter / tiang itu terlalu jauh), saya tidak terlalu mengerti akan harga pasar untuk alumunium, kaca, dan bola lampu, namun jika kita ambil kotor bahwa setiap tiang itu membutuhkan dana sekita Rp. 500.000,- maka total biaya yang di butuhkan adalah 90 x Rp. 500.000,- yaitu Rp. 45.000.000, belum termasuk biaya semen, transportasi dan biaya tukang (Sekali lagi, ini hanya perhitungan kotor).

Baik teman-teman, dengan biaya sebesar itu memang pemerintah telah membangun tiang-tiang lampu yang terlihat menarik, tetapi permasalahannya adalah, dimana tiang-tiang itu sekarang? Sebagian besar dari tiang-tiang itu telah rusak, bahkan hilang. Bayangkan betapa niatnya orang yang ingin mencuri tiang sebesar itu. Mungkin benar ketika kita berasumsi bahwa kurang nya perawatan dari pemerintah yang menjadi penyebab hilangnya tiang-tiang itu, tapi coba kita telaah kembali teman, kita sebagai warga masyarakat sudah kah ikut menjaga fasilitas-fasilitas umum? Berikut adalah beberapa foto rusak dan hilangnya tiang-tiang lampu.

Pelindung Bawah Lampu Hilang

Tiang Lampu Yang Hilang
Saya tidak bermasksud untuk menyalahkan siapa pun, namun pada artikel ini saya ingin mengajak teman-teman untuk sedikit memperhatikan apa sudah kita miliki, agar kedepannya provinsi Bengkulu ini dapat menjadi lebih baik lagi dan mampu bersaing hingga menjadi provinsi yang di contoh, semoga.
Nah itu lah tadi sedikit ulasan dari saya tentang fasilitas umum yang ada di Bengkulu ini, jika teman-teman punya opini atau pendapat lain, silahkan tulis di komentar. Terimaksih.

Baca Juga

Follow by Email