Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Perakitan Mobil Mainan Berenergi Surya Sebagai Edukasi Energi Terbarukan

Universitas Bengkulu selalu tak kehabisan ide untuk berinovasi. Dosen sebagai tenaga pengajar di Pendidikan Tinggi memiliki tugas pokok yang harus dipenuhi. 

Selain pengajaran dan penelitian adalah pengabdian pada masyarakat yang menjadi tantangan menarik.  Menerapkan ilmu pendidikan kepada masyarakat adalah hal yang sangat bermanfaat. 

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tentang “Pembangkit Listrik Tenaga Surya” menjadi isu yang menarik untuk dikenalkan dimasyarakat khususnya anak sekolah dasar dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkompeten di masa yang akan datang. 

Baca Juga: Studi Kelayakan Bisnis Untuk Mengukur Kesiapan Bisnismu

LPPM-UNIB sebagai lembaga yang mewadahi mendorong tim untuk melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan tentang diprakarsai oleh Refpo Rahman, S.Pd, M.Si, sebagai ketua bersama Heriansyah, S.Pd., M.Sc dan Nady Febri Ariffiando, S.Pd., M.Pd sebagai anggota tim akan melaksanakan kegiatan di SDN 72 Rejang Lebong. 

Sasaran siswa sekolah dasar karena ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa mengenai manfaat sumber cahaya matahari menjadi energi listrik pengganti baterai.



Metode pelatihan yang dilakukan ialah menggunakan metode ceramah dengan cara mendemonstrasikan serta menjelaskan alat dan bahan yang digunakan. 

Adapun alat yang digunakan antara lain komponen mobil mainan seperti roda, dinamo, dan solar cell mini. Komponen ini nantinya akan dirakit siswa sesuai panduan yang telah tersedia. 

Baca Juga: Kenapa Kampus Luar Negeri Masih Memakai Papan Tulis Kapur?

Sebelum dimulainya pelatihan perakitan mobil mainan, kegiatan pengabdian kepada Masyarakat diawali dengan kata sambutan yang diberikan oleh wakil kepala sekolah dan tim pengabdi. 

Tim pengabdi memberikan materi tentang energi terbarukan sebagai energi alternatif untuk masa yang akan datang menggantikan energi fosil yang sudah menipis. 

Siswa terlihat sangat antusias berdiskusi dan mengikuti pelatihan perakitan mobil mainan berenergi surya. Pelatihan perakitan mobil mainan dilakukan siswa secara mandiri dan pendampingan oleh tim pengabdi. 

Baca Juga: 6 Tips Menumbuhkan Minat Baca Kamu

Setelah berhasil dirakit siswa SDN 72 Rejang Lebong di ajak keluar kelas untuk menguji mobil mainan untuk membuktikan bahwa cahaya matahari dapat mengganti baterai mobil melalui solar cell.

Kegiatan penerapan teknologi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat khususnya siswa sekolah dasar untuk meningkatkan SDM di masa yang akan datang dalam mengolah SDA menjadi sumber energi alternatif.




Post a Comment for "Perakitan Mobil Mainan Berenergi Surya Sebagai Edukasi Energi Terbarukan"