Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Pentingnnya Membuat Rencana Bisnis Sebelum Memulai Bisnis.

Jasa Bisnis Plan

Penting ga sih membuat bisnis plan sebelum memutuskan untuk berbisnis?

Suatu pertanyaan yang menarik bukan, well mari kita bahas.

Rencana bisnis atau bisnis plan merupakan suatu dokumen yang digunakan untuk merangkum seluruh hal tentang sebuah bisnis yang akan dikerjakan, termasuk didalamnya tujuan bisnis, manajemen, operasional, strategi, dan sebagainya.

Rencana bisnis ini merupakan sebuah langkah awal yang harus kamu lakukan yang akan menjadi petunjuk dalam pelaksaan bisnismu kelak, rencana bisnis berisi tentang berbagai hal yang cukup lumayan komplek dan biasanya dibuat oleh para profesional.

Jangan khawatir jika kamu tidak bisa membuat sebuah rencana bisnis/ bisnis plan yang baik, nantinya kamu bisa menggunakan jasa pembuatan bisnis plan yang memang sudah ahlinya pada bidang ini, tapi sebelum itu, mari kita ulas sedikit lebih dalam tentang hal ini.

Membuat Bisnis Plan.

Jika dalam suatu perjalanan menuju kesatu tempat agar tidak tersesat kamu memerlukan sebuah peta, maka dalam bisnis, bisnis plan ada peta tersebut.

Baca Juga : Studi Kelayakan Bisnis Untuk Mengukur Kesiapan Bisnismu

Untuk membuatnya, terdapat beberapa langkah dan beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut:

1. Riset Bisnis

Hal pertama yang harus ada atau harus disiapkan pada pembuatan bisnis plan adalah riset bisnis, pada tahap ini harus dipetakan terlebih dahulu rencana jangka pendek, menengah, dan panjang dari bisnis yang akan dikerjakan.

Tahap ini sangat penting karena didalamnya juga akan termasuk tentang pembahasan dari semua aspek secara umum agar dapat mengetahui segala macam permasalahn yang mungkin akan muncul dikemudian hari.

2. Visi, Misi, dan Tujuan

Agar dimasa depan, suatu perusahan atau usaha berjalan dengan sebagai mana mestinya, maka perlu disiapkan suatu benang merah yang akan terus membimbing perjalanan perusahan tersebut, karena itulah visi, misi dan tujuan perusahaan harus ada.

Untuk membuat ketiga hal ini, tidak bisa dilakukan sembarang, harus dilakukan analisa yang benar dan tepat agar jelas dan sesuai dengan keinginan.

3. Profil Perusahaan

Profil perusahaan merupakan suatu cara untuk kamu memperkenalkan perusahaanmu ke berbagai kalangan. 

Pada tahap ini, kamu dapat memasukan bagaimana sejarah berdirinya perusahaan, sumber daya apa saja yang kamu miliki, target pasar, dan produk atau jasa yang dijual. 

Profil perusahaan ini biasanya adalah bagian awal yang dilihat oleh client atau mitra bisnismu, maka dari itu harus dibuat dengan benar ya.

Baca Juga : Menjaga Gaya Hidup Sehat Untuk Karyawan

4. Transaksi Keuangan

Pada suatu titiki tertentu, saat akan dilakukan infasi dan penembangan perusahan, kamu biasanya akan memerlukan investor atau pihak ketiga lainnya.

Nah karena hal itu, mencatat semua pengeluaran dan pemasukan akan sangat penting agar para investor atau pihak ketiga tersebut bisa melihat dengan jelas arus kas perusahaanmu. Jadi perencaan tentang pencatatan transakti keuangan juga merupakan suatu hal yang urgent sebelum memulai bisnis.

5. Strategi Pemasaran

Dalam suatu rencana bisnis, akan dimasukan pula strategi pemasaran yang akan perusahaan tersebut lakukan, termasuk dalam hal ini konsep dasar dari strategi pemasaran, promosi, anggaran, hingga sampai ke eksekusi dan evaluasinya.

Nah, jika kita lihat baik-baik, kelima hal itu sepertinya agak sulit ya untuk dilkasanakan?

Tapi jangan khawatir, seperti yang telah disampaikan pada awal pembahasan tadi, kamu bisa kok menggunakan para profesional yang ada di Jasa Bisnis Blan.

Para profesional yang ada di Jasa Bisnis Plan ini akan mempermudahkan perkerjaan kamu dalam membuat binsis plan, jadi kamu hanya perlu eksekusi saja rencana yang telah mereka buat itu.

Post a Comment for "Pentingnnya Membuat Rencana Bisnis Sebelum Memulai Bisnis."