Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah

Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah

Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah...

Jika saat ini kamu sedang mencari jawaban mengenai pertanyaan diatas, maka kamu bisa menjawabnya dengan jawaban berikut.

Yaitu, Kaki diluruskan.

Untuk lebih lengkapnya, baca artikel ini sampai habis agar kamu lebih memahami tentang cara mendarat yang benar pada lompat jauh.

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga dibidang atletik yang bertujuan untuk melompat serta mencapai jarak sejauh mungkin dengan sebelumnya berlari pada lintasan yang telah ditentukan.

Tempat pendaratan pada lompat jauh biasanya berupa bak pasir yang berukuran lebar minimum 2,75 meter dan panjang keseluruhan bak dari garis lompatan adalah 10 meter, untuk panjang lintasan lari  adalah minimum 40 meter dengan lebar 1,22 meter

Lompat jauh dimulai pada sekitar abad 13, sekitar tahun 708 Masehi ketika Olimpiade kuno Yunani diadakan. Pada waktu itu olahraga ini diadakan dalam rangka sebagai latihan untuk militer, olahraga ini muncul diperkirakan untuk melatih ketangkasan para prajurit perang dalam menerobos lintasan perang pada masa itu.

Baca Juga : Apakah Olahraga Malam Baik?

Jarak lompatan pada olahraga ini sangat ditentukan oleh kecepatan saat berlari, awalan saat memulai, dan tolakan yang dilakukan saat melompat.

Selain dari itu, posisi saat diudara ketika melakukan lompatan juga sangat penting, yaitu dengan mengangkat kaki keatas dan kedepan untuk membawa titik berat badan selama mungkin diudara.

Saat akan mendarat, maka posisi kaki dan tangan serta tubuh harus lurus kedepan, hal ini berfungsi sebagai cara untuk mengatur titik berat agar bertumpu pada kaki dan terhindar dari pendaratan dengan pantat karena akan dapat berakibat fatal.

Saat melakukan pendaratan, maka kepala sedikit ditundukan agar tidak terjadinya cidera pada bagian tengkuk. Kaki juga tidak boleh kaku, melainkan harus lemas dan lentur dengan posisi sendi lutut yang siap untuk menekuk pada waktu yang tepat untuk menghindari terjadinya keseleo.

Saat akan mendarat, maka tumit yang akan diposisikan sebagai tumpuan pertama kali yang menyentuk bak pasir, untuk lebih jelasnya silahkan lihat ilustrasi berikut. 

Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah

Nah itulah tadi cara mendarat yang benar pada lompat jauh, jangan lupa selalu pemanasan sebelum melakukan aktifitas olahraga apapun ya.


Post a Comment for "Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah"