Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Menjaga Gaya Hidup Sehat Untuk Karyawan

gaya hidup sehat

Mengatur gaya hidup sehat bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, apalagi untuk para pekerja yang harus beraktivitas seharian dari jam 9 pagi hingga 5 sore.  

Kesibukan ini akan membuat kamu sangat sulit untuk mengunjungi pusat kebugaran, yup sepertinya kamu tidak punya waktu untuk itu ya.

Belum lagi jika harus menghadapi kemacetan saat pulang bekerja, alih-alih merencanakan untuk mengangkat barbel, fokus kamu pasti hanya tertuju ke tempat tidurmu yang nyaman itu.

Tapi tidak, kamu tidak bisa selamanya begitu bukan?

Mari kita sedikit ubah gaya hidupmu agar menjadi kebiasaan yang baik. Kamu pasti sering merencanakan untuk melakukan aktivitas sehat setelah pulang kerja, setelah sampai dirumah, setelah membereskan semua barangmu, dan setelah sedikit beristirahat.

Percayalah, hal itu sepertinya tidak akan berhasil, buktinya, kamu masih saja tidak melakukan aktivitas sehat yang kamu rencanakan itu hingga kini.


Tapi jangan khawatir, baca artikel ini sampai habis, dan kamu akan menemukan cara terbaik untuk menjaga gaya hidup sehat walaupun kamu harus bekerja seharian.


1. Siapkan Makan Siangmu.
Saat kita berbicara tentang gaya hidup sehat, maka erat kaitannya dengan makanan yang juga sehat.  

Mungkin kamu sering mendengarkan hal ini, dan kami dengan senang hati mengulangnya untuk kamu: “Cara termudah untuk tetap sehat saat sibuk bekerja adalah dengan membawa makan siang yang bergizi”.

Mari kita perhitungkan apa saja keuntungan jika kamu membawa makan siangmu sendiri.
  1. Kamu bisa menyiapkan makanan sehatmu sendiri, sesuai dengan selera.
  2. Kamu bisa menyesuaikan sendiri porsi makananmu dan lebih yakin dengan gizi didalamnya.
  3. Kamu akan lebih irit tentu saja.
  4. Kamu akan terhindar dari keterpaksaan makan bareng di kantin dengan teman sekantor yang julid.
Hey, tapi aku sibuk, mana sempat untuk mempersiapkan makan siangku!

Betul, karena itulah artikel ini akan memberikan rekomendasi untuk kamu sekarang.

Setelah seharian bekerja, kamu sepertinya tidak akan memiliki cukup banyak tenaga untuk mengobrak-abrik isi kulkasmu untuk menyiapkan bekal untuk hari berikutnyakan.


Maka kamu tidak perlu melakukan hal ini disaat malam hari, fokuskanlah aktivitas-aktivitasmu dipagi hari. 

Agar lebih mudah, kamu bisa mengatur bekal yang akan kamu bawa dari Senin hingga Jumat, pada hari Minggu, berikan waktu kamu beberapa jam untuk membeli bahan makanan yang kamu perlukan dan membagi-baginya untuk satu mingu kemudian.

Dengan begini, akan mempermudah kamu mempersiapkan bekal mu setiap pagi.

2. Bawa Botol Minum Kapanpun dan Kemanapun Kamu Pergi.
Seperti yang kita ketahui bersama, dalam sehari setidaknya kamu harus minum 8 gelas air. 

Dengan begitu akan membuat tubuhmu terhidrasi dengan baik, ingat bahwa 70% komponen penyusun tubuh manusia itu adalah air, jadi bawa selalu botol minummu kemanapun kamu pergi.

Setiap sel, jaringan, serta organ dalam tubuhmu membutuhkan air untuk dapat bekerja dengan baik, misalnya membuang limbah melalui buang air kecil, menjaga suhu tetap normal, dan sebagainya.

Jika saat ini kamu masih kurang dalam mengkonsumsi air, kamu harus merubahnya. Kamu mungkin bisa membuat semacam tantangan untuk dirimu sendiri, dimana kamu harus setidaknya meminum 5 liter air sebelum jam 5.

3. Atur Waktu Latihanmu.
Menyesuaikan waktu olahraga atau latihan dalam kegiatan sehari-hari memang sepertinya sulit, apalagi untuk kamu yang membutuhkan waktu cukup lama diperjalanan untuk sampai kerumah setelah bekerja.

Ini beberapa solusi untuk kamu.
  1. Berolahragalah Pagi Hari. 
    Kita berbicara untuk waktu sebelum kamu sarapan, sebelum kamu menyiapkan bekal, dan sebelum kamu melakukan apapun.

    Biasakan diri kamu untuk tidur lebih cepat agar bisa bangun lebih pagi, sehingga kamu memiliki waktu yang lebih banyak untuk latihan, dari pada kamu selalu berencana untuk berolahraga saat pulang kerumah setelah bekerja, akan lebih baik kamu menjadikan olahraga sebagai aktivitas pertamamu.

  2. Saat Istirahat Makan Siang.
    Tidak tidak, kami tidak merokemandasikanmu untuk lari mengelilingi lapangan atau halaman depan kantormu saat istirahat makan siang.

    Kamu perlu merenggangkan tubuhmu setelah terlalu lama duduk dikursi kerja, lakukanlah peregangan kecil agar otot-ototmu lebih rileks, hal ini juga akan membuat kamu lebih semangat dalam bekerja.

  3. Berolahragalah Setelah Pulang Kerja
    Eits, sabar.

    Maksud kami adalah sebelum kamu benar-benar sampai kerumahmu, saat jam kerjamu telah usai, alih-alih pulang kerumah, kamu bisa coba langsung menuju ke pusat kebugaran atau tempat latihan.

    Rasa malas yang timbul untuk berolahraga saat malam hari itu, biasanaya disebabkan karena kasurmu yang terlihat begitu nyaman, jadi hindari dulu hal itu untuk sementara.

    Dengan berolaharaga langsung saat telah pulang kerja juga akan membuatmu terhindar dari kemacetan akibat jam sibuk pulang kantor.

gaya hidup sehat


4. Utamakan Diri Kamu.
Sekarang, kamu telah menyiapkan bekal sehatmu, botol minuman telah kamu bawa kemanapun kamu pergi, dan pakaian olahraga telah rapi ditas kerjamu.

Ada satu hal lagi yang benar-benar harus kamu lakukan, yaitu mengatur pola fikirmu.

Kesehatan mental adalah sesuatu yang sangat penting untuk tubuh, bekerja dengan sekuat tenaga dan sepenuh hati, menerima lembur terlalau sering akan membuatmu melewati batas kemampuan tubuh yang akan membuat kamu strees, lelah, mengalami kecemasan dan sebagainya.

Coba kamu dengarkan tubuhmu, takutnya dia telah tersiksa akibat ativitas pekerjaan yang terlalu berlebihan, ingatlah bahwa merawat fikiran sama saja dengan kamu sedang merawat tubuhmu, mereka tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.

Post a Comment for " Menjaga Gaya Hidup Sehat Untuk Karyawan"