Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Tips Keuangan Menghadapi Resesi Ekonomi 2023, Siapkan dari Sekarang!


Resesi Ekonomi 2023 mungkin akan terjadi di kuartal satu dan dua tahun depan, itu artinya awal tahun depan kita akan mulai menghadapi gelombang besar jatuhnya keuangan.

Resesi Ekonomi merupakan kondisi ketika perekonomian negara memburuk selama dua kuartal berturut-turut atau lebih lama yang dapat menyebabkan inflasi, krisis pangan, meningkatnya jumlah pengangguran dan sebagainya.

Resesi Ekonomi ini terjadi karena banyak faktor, beberapa diantara yang mungkin akan mempengaruhi Resesi Ekonomi di tahun 2023 nanti adalah, keadaan global yang memburuk pasca perang dan pandemi yang berdampak pada kenaikan sukuk bunga bank dan inflasi.

Tentu saja kita tidak berharap Resesi Ekonomi 2023 ini benar-benar akan terjadi, namun ada baiknya kita mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi Resesi Ekonomi 2023.

1. Prioritaskan Pengeluaran Berdasarkan Kebutuhan Bukan Keinginan.
Salah satu cara terbaik untuk mengatur keuangan adalah mengetahui apa yang kamu beli, apakah itu masuk dalam kebutuhan atau keinginan.

Tidak ada jaminan keuangan kamu akan stabil selama setahun kedepan, jangan sampai barang-barang yang kamu beli itu, justru sebetulnya tidak terlalu kamu butuhkan.

Tahan dirimu untuk memiliki suatu barang yang tidak terlalu memiliki value, ingat berapa banyak orang yang jatuh dan salah langkah saat awal pandemi di tahun 2020 dan 2021 silam.

2. Pastikan Dana Darurat Cukup Untuk Setidaknya 6 Bulan Hidup.
Pengalaman adalah guru yang paling berharga, kita sudah diajarkan tentang beratnya kejatuhan ekonomi pada awal-awal pandemi sebelumnya yang membuat begitu banyak orang yang harus kehilangan pekerjaanya.


Untuk itu, kamu harus setidaknya mempersiapkan dana darurat selama 6 bulan, sebagai antisipasi jikalau kamu juga harus kehilangan pekerjaanmu, dengan memiliki dana darurat selama 6 bulan, setidaknya kamu bisa berfikir jernih untuk mengambil langkah berikutnya.

3. Buat Jatah Pengeluaran Makan Perhari.
Mulai coba hitung-hitung berapa pengeluaran makan mu setiap hari, kamu akan menemukan beberapa list yang mungkin bisa kamu pangkas, seperti pengeluaran untuk membeli kopi di kantin yang bisa kamu kurangi atau hilangkan dengan membawanya dari rumah.

Dengan mengetahui dan mengatur jatah makan perhari kamu akan mengetahui dengan pasti berapa besar sebetulnya biaya wajib yang harus kamu keluarkan untuk makan.

4. Jangan Panic Buying.
Saat awal-awal terjadinya pandemi, begitu banyak orang-orang yang mengalami panic buying  terhadap produk hand saintizer, tisu dan masker. Hal itu justru membuat harga barang-barang tersebut melambung tinggi.

Selain itu panic buying akan membuat pengeluaranmu menjadi semakin membengkak. Beli saja barang yang kamu butuhkan secukupnya, prioritaskan saja ke bahan-bahan yang benar-benar kamu perlukan.

5. Buat Anggaran Belanja. 
Cara jitu untuk mengatur keuanganmu dalam mengahadapi Resesi Ekonomi 2023 berikutnya adalah dengan membuat anggaran belanja. 


Membuat anggaran belanja dapat menjaga diri kamu dari panic buying, kamu bisa memperkirakan berapa banyak barang yang sebetulnya memang kamu perlukan, sehingga terhindar dari membeli barang-barang dalam jumlah yang terlalu berlebihan atau bahkan salah dalam memberi barang yang diperlukan.

6. Membayar dan Menghindari Berhutang.
Hutang akan membuat kesetabilan emosimu menjadi buruk, hal ini akan membuat kamu menjadi lebih gegabah dalam mengatur keuanganmu.

Jika saat ini kamu masih memiliki hutang, sebaiknya segera kurangi, hal ini guna untuk mencegah diri dari tindakan yang salah dalam menyikapi keuangan kedepan.

Membayar hutang sesegara mungkin saat keunganmu masih lumayan stabil juga lebih baik dibandingkan dengan membayar nanti ketika Resesi Ekonomi 2023 benar-benar terjadi.

7. Asuransi Kesehatan.
Asuransi Kesehatan merupakan salah satu langkah yang cukup lumayan penting untuk melindungi keuanganmu, kamu bisa mendaftarkan diri di asurani kesehatan agar jika hal buruk terjadi kepada dirimu selama Resesi Ekonomi 2023 berlangsung, setidaknya kamu masih memiliki bantuan keuangan.

Kita tidak pernah tau kapan kita akan terserang penyakit bukan? Mengantisipasinya sejak dini adalah salah satu jalan terbaik.

8. Meilirik Potensi Usaha Disekitar.
Coba lihat disekitarmu, apakah ada peluang bisnis yang mungkin bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pemasukanmu.

Memiliki bisnis sampingan disela-sela pekerjaan utama mu akan menjadi penyelamat saat kamu harus terpaksa berhenti dari pekerjaanmu.

Post a Comment for "Tips Keuangan Menghadapi Resesi Ekonomi 2023, Siapkan dari Sekarang!"