Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Apakah Benar Meletakan Irisan Bawang di Telapak Kaki Saat Tidur Itu Bermanfaat?

irisan bawang di telapak kaki


Banyak beredar pernyataan yang mengatakan bahwa meletakan irisan bawang di telapak kaki saat tidur, itu dapat berpengaruh dalam upaya menjaga kesehatan tubuh.

Lebih ekstrim lagi kami menemukan beberapa artikel bahkan berita online yang menyatakan bawa irisan bawang yang di letakan di telapak kaki bahkan dapat menyembuhkan Kangker dan Malaria, lantas apakah itu benar?

Mari Kita Periksa.

Menurut terminologi pengobatan Tiongkok, terdapat titik akses di dalam tubuh yang di sebut meridian yang memiliki jalur ke setiap organ dalam tubuh.

Hal ini tentu menjadi kontroversi yang cukup panjang dalam dunia kesehatan, namun orang yang disebut ahli dalam pengobatan Tiongkok meyakini bahwa meridian ini sangat erat kaitannya dengan sistem saraf yang ada di tubuh kita.

Di katakan juga bahwa setidaknya terdapat tidak kurang dari 7.000 meridian yang terhubung langsung ke organ kita, dan meridian ini berlokasi di telapak kaki.


Secara sederhana, meridian ini seperti saluran listrik di tubuh, namun tidak aktif akibat dari penggunaan alas kaki, merangsang meridian ini disebutkan akan sangat bermanfat untuk membuat berbagai organ di tubuh kita menjadi lebih sehat.

Ion negatif pada bumi dikatakan adalah hal yang dapat merangsang meridian tersebut, karena itulah sesekali berjalan tanpa alas kaki sangat direkomendasikan.

Selain dari itu, ini kontroversi berikutnya, bahwa meletakan irisan bawang di telapak kaki saat tidur adalah cara lain untuk merangsang meridian di tubuh.

Bagai Mana Klaimnya?

Saat kamu tidur dengan meletakan bawang di telapak kaki mu akan membuat senyawa sulfur di dalam bawang terserap ke dalam tubuh, hal itu kemudian akan membantu tubuh dalam memurnikan darah, serta membunuh kuman dan bakteri jahat di dalam tubuh.

Jika kamu mencari informasi tentang hal ini di internet, kamu akan menemukan pernyataan yang tidak jauh dari pernyataan diatas.

Lalu Bagaimana Faktanya?

meletakan irisan bawang di telapak kaki

Untuk menemukan jawaban dari hal ini, kami melakukan beberapa riset di internet, mencari di berbagai sumber yang valid agar hal ini lebih jelas, lalu ini yang kami temukan.

Jika kamu coba mencari tau tentang fakta apakah meletakan irisan bawang pada telapak kaki saat tidur pada  website milik Kominfo, kamu akan langsung menemukan bahwa pernyataan itu adalah HOAX, itu yang pertama.


Beriktunya, AFP Fact Check yang merupakan salah satu oraganisasi pemeriksa fakta global, telah mengkonfirmasi langsung hal ini ke salah seorang juru bicara dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa “Menempatkan bawang di kaki kamu malam hari tidak dapat menyembuhkan COVID-19, Kangker, Malaria ataupun penyakit medis lainnya”.


Lebih jauh, AFP Fact Check juga mendapatkan pernyataan dari Dr. James Fullwood yang merupakan seorang ahli bedah Podiatrik di RS Northern light Sebasticook Valey di Amerika Serikat bahwa “Meskipun kulit adalah organisme tubuh yang memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri, mengoleskan bawang atau produk makanan semacam itu tidak akan meringankan penyakit sistemik

1 comment for " Apakah Benar Meletakan Irisan Bawang di Telapak Kaki Saat Tidur Itu Bermanfaat?"