Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Apakah Olahraga Malam Baik?

Apakah olahraga malam baik? apakah kamu sering melakukannya? atau apakah kamu berolahraga atau tidak?

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh, olahraga sangat dianjurkan untuk dilakukan setidaknya 3 kali seminggu atau jika  memungkin dilakukan setiap hari maka akan lebih baik.

Namun, kesibukan membuat kita sulit untuk berolahraga, apalagi yang bekerja dari jam 9 hingga jam 5, aktivitas yang begitu padat di siang hari membuat olahraga hanya menjadi wacana.

Sehingga kadang waktu yang benar-benar kosong itu adalah malam hari, tapi apakah olahraga malam hari itu baik? 

Baca Juga : 5 Cara Relaksasi Sehabis Bekerja

Nah untuk kamu yang hanya punya waktu senggang pada malam hari, jangan khawatir karena olahraga pada malam hari itu baik kok.

Begini penjelasannya.

Dilansir dari alodokter yang bisa dibaca disini, bahwa menurut sebuah studi, olahraga malam ternyata bisa lebih meningkatkan performa tubuh saat melakukan aktivitas fisik jika dibandingkan dengan olahraga pagi. 

Hal ini dikarenakan paru-paru dan metabolisme tubuh yang bisa bekerja lebih baik pada malam hari.


Baca Juga : Joging Tanpa Pakai Sepatu, Coba Yuk?

Selain itu, otot tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian akan lebih rileks dan fleksibel sehingga risiko tubuh mengalami cedera atau kram semakin kecil saat melakukan olahraga di malam hari.

Tapi, walaupun demikian kamu sebaiknya tidak melakukan olahraga 1 jam sebelum tidur, karena olahraga yang dilakukan berdekatan dengan jam tidur akan membuat kamu susah untuk tidur. 

Hal ini disebabkan oleh suhu dan juga metabolisme tubuh yang meningkat setelah olaharaga, yang akan membuat susah untuk segera terlelap.

Olahraga malam hari juga sebaiknya dilakukan dibawah jam 9 malam, karena suhu dan udara yang biasanya lebih dingin jika diatas jam itu.

Baca Juga : Jadwal MotoGP 2023 - Sirkuit Mandalika Akan Kembali Digunakan

Karena aktivitas olahraga malam ini mempengaruhi metabolisme tubuh, maka sebaiknya cukup melakukan olahraga yang ringan saja seperti yoga, peregangan tubuh, jalan santai atau lari-lari kecil.

Olahraga yang seperti itu sudah sangat cukup kok untuk merileksasikan otot-otot, menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh.


Post a Comment for " Apakah Olahraga Malam Baik?"