Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

11 Tragedi Sepak Bola yang Menewaskan Banyak Orang


Tragedi di Stadion Kanjuruhan baru-baru ini menjadikan luka yang cukup mendalam bagi dunia olahraga, pasalnya lebih dari 100an orang harus meninggal dunia akibat kericuhan yang terjadi.

Namun demikian, tragedi yang menewaskan banyak orang, sebetulnya bukanlah kali pertama ini, kejadian serupa juga pernah beberapa kali terjadi.

Berikut 11 tragedi sepak bola yanng menewaskan banyak orang.

1. Tragedi di Stadion Nasional Peru.

Tragedi ini terjadi pada Tanggal 24 Mei 1964 di Lima, Peru. Tragedi ini menyebabkan 300an orang harus meninggal dunia dan ada skitar 500 orang lainnya yang terluka.

Kerusuhan pada tragedi ini terjadi setelah Peru berhasil dikalahkan oleh Argentina dalam Kualifikasi Olimpiade di Stadion Nasional Peru, hal itu disebabkan oleh wasit yang menganulir gol dari Peru 2 menit menjelang pertandingan akan berakhir.

2. Tragedi Stadion Accra Sport.

Tragedi ini menyebabkan sekitar 126 orang penggemar sepak bola yang ada di Stadion Accra Sport meninggal dunia.

Kejadian ini terjadi saat pertandingan dari liga Utama Ghana antara tuan rumah Hearts of Oak melawan Asante Kotoko pada tanggal 09 Mei 2001.

Pada menit ke 85 para pendukung Asante Kotoko mulai frsutasi sebab tim kesayangan mereka kalah dengan skor 2-1 sehingga mereka mulai merobek kursi dari tribun dan melemparkannya ke dalam lapangan yang menyebabkan kericuhan.

3. Tragedi Stadion Monumental.

Tragedi yang juga disebutkan oleh masyarakat Argentina sebagai Pintu Neraka ini telah mengakibatkan 74 orang tewas dan lebih dari 150 orang lainnya terluka.

Tragedi ini terjadi di Stadion Monumental yang merupakan kandang dari tim River Plate pada tanggal 23 Juni 1968 di Buenos Aires, Argentina, sesaat setelah dilaksanakannya pertandingan antara River Plate melawan Boca Juniors.

Saat kejadian tersebut, pendukung dari tim Boca Junior terjebat tidak bisa keluar dari pintu 12 setelah laga usai, dari 74 orang yang tewas 71 adalah tim pendukung dari Boca Junior.

4. Tragedi Stadion Ibrox Park

Stadion Ibrox Park terletak di Glasgow, Skotlandia. Tragedi di Stadion ini terjadi pada tanggal 2 Januari 1971 yang mengakibatkan 66 orang tewas setelah pertandingan antara Glasglow Celtic dan Glasglow Rangers usai.

Bencana itu terjadi dikarenakan para penonton tidak menyadari bahwa pembatas tribun yang mereka lewati  hancur dan rubuh saat sedang berjalan keluar stadion 

5. Tragedi Stadion Luzhniki

Stadion Luzhniki terletak di Moskow, Rusia. Tragedi yang terjadi pada tanggal 20 Oktober 1982 ini, menewaskan total 66 orang.

Momen itu terjadi saat penonton meninggalkan pertandingan Piala UEFA antara Spartak Moscow dan Haarlem, dari Belanda, di Stadion Luzhniki.

Baca Juga : Tanggapan Presiden FIFA Mengenai Tragedi Stadion Kanjuruhan

6. Tragedi Stadion Dasharath

Tragedi ini terjadi pada tanggal 12 Maret 1988 di Kathmandu, Nepal yang menewaskan 93 orang.

Hal ini di akibatkan  oleh karena terjadinya badai tiba-tiba saat tengah berlangsungnya pertandingan, sehingga para penonton secara terbu-buru melarikan diri kepintu keluar stadion.

7. Tragedi Stadion Ellis Park

Tragedi ini terjadi saat pertandingan antara Kaizer Chiefs dan Orlando Prates  pada tanggal 11 April 2001 yang mengakibatkan 43 orang penonton tewas di Stadion yang ada di Johannesburgh, Afrika Selatan ini.

Penyebab dari banyak nya kematian tersebut adalah karena membludaknya penonton di stadion Ellis park saat itu.

8. Tragedi Stadion Hillsborough

Pada perhelatan babak semifinal Piala FA yang mempertemukan anatara Liverpoll dan Nottingham Forest tanggal 15 April 1989 terjadi tragedi sepakbola yang dianggap paling parah di Inggris.

Tragedi tersebut terjadi Stadion Hillsborought yang menyebabkan 96 orang tewas akibat stadion yang terlalu penuh dan sesak.

Saat itu, suporter berbondong-bondong datang ke Hillsborough Stadium untuk menyaksikan pertandingan tersebut. Namun jumlah mereka terlalu banyak yang menyebabkan suporter berdesak-desakan di tribun penonton.

Bahkan saat laga berlangsung, wasit sempat memberhentikan pertandingan karena ada penonton yang memasuki lapangan musabab tidak tahan berdesak-desakan, hingga akhirnya merenggut 96 nyawa penonton.

Baca Juga : Tragedi Kanjuruhan, Ketua PSSI Mundur?

9. Tragedi Stadion Mateo Flores

Tragedi Stadion Mateo Flores yang terletak di Guatemala City ini terjadi pada tanggal 16 Oktober 1996.

Tragedi ini menyebabkan 84 orang tewas dan 147 lainnya terluka saat dilakukannya pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Guatemala dan Kosta Rika

10. Tragedi Stadion Hesyel

Tragedi Stadion Hesyel ini terjadi saat pertandingan antara Liverpool berhadapan dengan Juventus pada final Piala (liga) Champions.

Tragedi ini terjadi pada tanggal 29 Mei 1985, yang saat itu padahal klub-klub di Inggris sedang jaya-jayanya.

Kejadian ini menyebabkan 39 orang meninggal dunia dan sekitar 600an orang mengalami luka-kula akibat tertimpa dinding pagar yang berjatuhan.

11. Tragedi Stadion Port Said

Tragedi ini menyebabkan total 74 orang tewas dan 500 lainnya terluka setelah berlangnya pertandingan antara Al-Mary dan Al-Ahly tanggal 01 Februari 2012 silam.

Tragedi berdarah tersebut terjadi saat para penggemar dari Al-Masry menyerbu lapangan dan menyerang fans dari tim tamu.


Post a Comment for "11 Tragedi Sepak Bola yang Menewaskan Banyak Orang"