Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

6 Tips Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Kamu

Membaca adalah suatu kegiatan memindahkan informasi dari suatu objek (bacaan) ke otak, membaca diketahui memiliki banyak manfaat, selain mendapatkan ilmu pengetahuan baru.

Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai media relaksasi, meningkatkan daya ingat, dapat mengurangi strees, sebagai sumber inspirasi, dan dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Namun sayangnnya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assasement (PISA) yang di rilis oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) tahun 2019, menyatakan bahwa Indonesia menempati peringkat 62 dari 70 Negara, atau Merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh banyak hal, namun tingkat literasi ini harusnya dapat menjadi lebih baik, jika saja telah tumbuh minat membaca.

Untuk kamu, yang merasa bahwa minat membaca kamu masih belum bagus, berikut 6 tips yang bisa kamu lakukan, untuk menumbuhkan minat membaca kamu.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Blog Yang Menarik Untuk Pemula.

1. Mulai lah dengan membaca buku yang kamu sukai, kebanyakan orang memulai membaca buku yang sedang trend atau dibaca banyak orang, ini akan membuat kamu yang belum terbiasa membaca,  menjadi jenuh, karena ketidak tertarikanmu terhadap apa yang kamu baca.

Lupakan apa yang orang fikirkan tentang bahan bacaan kamu, fokus saja dengan apa yang sedang kamu baca itu.

2. Jika kamu mulai merasa bosan dengan buku yang sedang kamu baca saat ini, tidak masalah untuk berpindah ke buku yang lain.

Akan sangat wajar untuk kamu yang belum terbiasa membaca buku, merasa bosan dengan apa yang sedang kamu baca. 

Pindahlah cari buku yang lain yang membuatmu tertarik.

3. Konsistensi akan membuat kamu melangkah jauh, lakukan proses membaca ini terus menerus, semakin sering kamu membaca maka, makan akan membuat membuat kamu semakin baik dalam hal itu.

Konsisten akan membuat tubuh dan otak mu terbiasa akan hal tersebut.

4. Mulailah mencari waktu untuk membaca, dan bukan mencari alasan. Percayalah bahwa kamu akan sangat mudah mencari alasan untuk tidak membaca, sebaliknya akan sedikit sekali alasan untuk membaca.

Ambil dan baca buku kamu ketika kamu memiliki waktu senggang akan lebih baik dari pada hanya berdiam diri saja bukan.

Lupakan alasan kamu membaca, cukup lakukan saja.

5. Buatlah tujuan bacaan yang akan kamu kejar, tujuan ini bukan hanya tentang jumlah dan angka, tapi juga bisa tentang genre bacaan.

Misalnya, kamu bisa membuat tujuan akan membaca kumpulan puisi setelah selesai membaca komik kesukaanmu.

Atau akan membaca novel favorit kamu setelah menyelesaikan 1 bab motivasi yang sedang kamu baca.

Tujuan bacaan ini akan menuntun kamu untuk membentuk kebiasaan membaca.

6. Temukan teman membaca, hal ini akan memberikan motivasi untuk kamu dalam meningkatkan minat membaca.

Kamu bisa bergabung dengan kelompok membaca, komunitas buku tertentu, atau apapun.

Post a Comment for "6 Tips Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Kamu"