Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Yuk Kenali, 8 Teknik Memasak Chef Profesional

Mengolah masakan menjadi hal yang rutin dilakukan oleh manusia, hal ini tentu saja demi mendapatkan citara rasa yang baik terhadap bahan makanan yang akan di konsumsi.

Namun banyaknya teknik memasak kadang membingungkan sebagian orang saat ingin mengaplikasikan suatu resep masakan tertentu yang biasa di dapatkan dari para chef-chef terkenal.

Apalagi untuk ibu-ibu yang sangat suka mencoba hal-hal baru dalam menyajikan santapan bagi keluarga tercinta, nah berikut adalah 8 istilah dan teknik memasak yang biasa dilakukan oleh chef profesional.



1. Deep Fry

Merupakan salah satu teknik memasak dengan cara menggoreng bahan masakan kedalam minyak yang banyak dan suhu yang tinggi, proses ini dilakukan guna mendapatkan makanan yang matang merata, selain dari itu juga akan membuat masakan lebih praktis karena tidak perlu terlalu sering membolak balik masakan.

Teknik ini biasa digunakan untuk memasakn french Fries atau kenteng goreng dan Fried Chicken atau ayam goreng, alat yang digunakan adaah pan atau panci dengan dinding pinggir yang lebar.

2. Roasting

Roasting adalah teknik memasak dengan cara memanggang masakan namun api tidak langsung menyentuh bahan makanan, contoh masakan yang dibuat dengan teknik ini adalah Butter Roast Chicken atau Steak.

3. Baking

Ini merupakan proses memasak makanan dengan cara dipanggang didalam oven, bisa menggunakan oven kompor atau oven listrik. 

Biasanya digunakan untuk membuat olahan cake atau kue dan pizza, karena lebih mkudah dalam mengontrol panas yang diinginkan, dapat memproses masakan dalam jumlah yang banyak dengan kematangan yang sama. 

4. Steam

Adalah teknik memasak dengan memanfaatkan uap air panas atau teknik ini bisa juga disebut dengan mengkukus. 

Teknik ini biasa digunakan untuk membuat masakan seperti pepes, garang asem atau bakpau. Teknik ini dapat mengjaga cita rasa asli dari masakan, teksur lebih lembut dan menjaga kestabilan gizi makanan.

5. Poaching

Ini adalah teknik memasak makanan dengan cara merebus makanan, namun menggunakan api yang sangat kecil, hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau dari bahan utama dan membuat bumbu meresap sempurna. 

Contoh paling sederhana dari teknik ini adalah membuat telur mata sapi dengan proses perebusan.

Baca Juga :  Masa Pandemi Gini Enaknya Bisnis Sembako

6. Simmering

Simmering adalah teknik memasak dengan cara merebus dengan menggunakan api yang sedang. Teknik ini biasa digunakan untuk membuat kaldu, soto, rawon dan kare.


7. Braising

Adalah teknik memasak menggunakan sedikit air mendidih, yang biasanya digunakan untukan bahan yang telah diolah sebelumnya untuk mendapatkan tekstur makanan yang basah dengan kuah kental seperti semur.

8. Balancing

Merupakan teknik memasak dengan cara merebus masakan dalam waktu yang singkat, biasanya setelah direbus dalam waktu yang singkat, bahan masakan akan langsung diangkat dan direndam kedalam air es untuk menghentikan proses memasak.

Tehnik ini biasa digunakan untuk sayur sayuran atau buah.

Post a Comment for "Yuk Kenali, 8 Teknik Memasak Chef Profesional"