Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

4 Rekomendasi Gunung di Bengkulu

Gunung Kaba
Pendaki yang sedang duduk diatas puncak Gunung Kaba, foto oleh Erik Andi

Memilih Bengkulu sebagai tempat tujuan untuk berwisata alam, mungkin adalah salah satu ide terbaik yang bisa dilakukan, mengingat Bengkulu masih tergolong sebagai salah satu daerah yang kelestarian alam nya masih sangat terjaga.

Selain sebagai tempat bermekarannya bunga Raflesia yang merupakan bunga terbesar di dunia, Bengkulu memiliki berbagai spot wisata jelajah alam yang bisa memicu jiwa pertualanganmu.

Terutama untuk kamu yang sangat menyukai aktivitas pendakian, Bengkulu memiliki beberapa puncak cantik yang menunggu untuk kamu sambangi, mulai dari gunung berapi hingga perbukitan, berikut adalah 4 rekomendasi gunung di Bengkulu.

Bukit Kaba
Pemandangan Kawah Hijau dari Puncak Gunung Kaba, foto oleh Erik Andi

Gunung Kaba

Sering disebut juga dengan Bukit Kaba, merupakan salah satu gunung yang cukup banyak dikunjungi oleh para pendaki, gunung ini memiliki ketinggian 1.938 MDPL, dengan dua jalur umum pendakian yaitu jalur hutan dan jalur semen.

Waktu tempuh untuk menyambangi gunung ini sekitar 2 hingga 3 jam dengan rute yang tidak terlalu sulit, disepanjang jalur pendakian akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang masih sangat asri, dan sesampainya di puncak akan ada kawah berwarna hijau toska yang menanti kedatangan anda, gunung ini juga merupakan gunung paling populer yang ada di Bengkulu.

Bukit Daun
Puncak Gunung Daun dengan pemandangan Danau Telapak Kaki, foto oleh Erik Andi

Gunung Daun

Terletak di Kabupaten yang sama dengan Gunung Kaba, Gunung Daun memiliki eksotisme nya sendiri. Memiliki ketinggian 2.467 MDPL dengan waktu tempuh menuju kepuncak kira-kira 6-8 jam, gunung ini sangat cocok untuk anda yang memang sudah sering melakukan aktivitas pendakian. Untuk menuju ke Pintu Rimba Gunung Daun, anda akan melewati perkebunan teh yang cukup luas, hal ini tentu akan menambah seru pendakian anda.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Alam di Bengkulu

Setelah melewati Hutan Tropis yang masih sangat rimbun dan sampai ke Puncak Gunung Daun, para pendaki akan disajkan pemandangan Danau Telapak Kaki, ini merupakan salah satu danau yang berada diatas perbukitan dengan air-nya yang sangat menyegarkan.

Bukit Hitam
Para Pendaki diatas Puncak Bukit Hitam, foto oleh Bayu Suhenda

Bukit Hitam

Bukit hitam merupakan salah satu jalur sebenarnya untuk menuju ke Gunung Kaba, namun demikian, Bukit Hitam memiliki puncaknya sendiri.

Dari basecamp untuk menuju ke Top Bukit Hitam dibutuhkan waktu tidak kurang dari 8 jam berjalanan kaki dengan ketinggian 1.933 MDPL, diperjalanan menuju kepuncak bukit hitam ini, anda akan melewati 2 air terjun, beserta mata air panas, dan padang savana.

Gunung Patah
Pendaki disekitaran kawah Gunung Patah, foto oleh Irawan

Gunung Patah

Merupakan salah satu gunung berapi yang masuk kedalam hutan lindung Raja Mendara yang dikelola oleh KPH Kaur. Gunung Patah memiliki ketinggian 2.836 MDPL sekaligus sebagai gunung tertinggi di provinsi Bengkulu. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju ke puncak Gunung Patah adalah 8 hingga 9 hari perjalanan pulang pergi dengan jalur yang lumayan ekstrem.

Gunung ini sangat tidak direkomendasikan untuk anda yang merupakan seorang pemula, namun akan sangat menantang untuk anda yang memang sudah aktif melakukan aktivitas pendakian.

Gunung ini sempat menjadi perbincangan saat penyanyi dari “Pelukku Untuk Pelukmu”, berhasil mencapai puncak dalam sebuah ekspedisi pendakian dan mengabadikan perjalananannya itu di kanal Youtube.

Post a Comment for "4 Rekomendasi Gunung di Bengkulu"