Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Penayangan Iklan Adsense Dibatasi, Ini Yang Harus Anda Lakukan

Penayangan iklan di akun adsense anda dibatasi

Adsense masih merupakan layanan periklanan digital yang menjadi primadona para pemilik situs web, bahkan cukup banyak para content creator dan content writer yang menggantungkan hidupnya dari pendapatan di adsense.

Namun demikian, pembatasan iklan yang bisa saja terjadi pada akun adsense dapat menghambat pendapatan atau pemasukan dari iklan yang biasa ditampilkan oleh adsense, pembatasan ini kerap terjadi karena adanya invalid trafik yang me-latarbelakangi-nya.

Jika saat ini anda sedang mengalami pembatasan iklan pada akun adsense, maka anda perlu untuk membaca tulisan ini sampai selesai.

Pada website eransa.com yang sedang anda kunjungi ini, kami telah mengalami tiga kali pembatasan tayangan iklan di akun adsense yang kami gunakan, dalam kurun waktu 3 bulan.

Baca Juga : Full Aprove Dari Google Adsense

Yang pertama pada tanggal 13 Mei 2021, berikutnya pada tanggal 14 Juli 2021, dan terakhir pada tanggal 24 Juli 2021.

Penayangan iklan di akun adsense anda dibatasi

Dalam kurun waktu itu pendapatan adsense di akun yang kami gunakan pada website ini, sangat menurun drastis, namun demikian kami coba melakukan riset untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi hingga permasalan itu muncul, lalu mencoba beberapa alternatif untuk mengatasinya.

Jika anda melihat dari email yang dikirimkan oleh Google Adsense saat menyampaikan tentang pembatasan itu, maka satu-satu nya informasi yang akan anda dapatkan adalah karena adanya invalid trafik, seperti berikut:

Penayangan iklan di akun adsense anda dibatasi


Berdasarkan hal tersebut, kesimpulan utama yang kita dapatkan adalah hal ini terjadi karena invalid trafik, lalu trafik seperti apa yang dimaksud?

Untuk mengetahui hal tersebut kami mencoba melihat kembali aktifitas yang kami lakukan terhadap website ini pada tanggal 06 hingga 13 Mei 2021, ini adalah waktu kejadian pertama kali kami menerima pembatasan iklan.

Dari hasil pengamatan tersebut, kami akhirnya menyadari bahwa pada tanggal 11 Mei 2021, kami melakukan peremajaan terhadap template yang kami gunakan, sehingga menyebabkan seringnya kami membuka tampilan dari situs ini, maka berdasarkan itu, kesimpulan pertama kami adalah bahwa pembatasan itu terjadi MUNGKIN karena memang kesalahan di kami yang terlalu sering membuka tampilan website dari satu komputer saja.

Baca Juga : Tahukah Kamu Berapa Lama Surat Pin Adsense Sampai?

Lalu bagai mana di kejadian ke dua dan ke tiga, apakah kami mengupdate template kembali? Tentu tidak, ini yang kami lakukan.

Kami melihat sumber trafik yang masuk dengan menggunakan google analytcis, yaitu pada bagian menu Akuisisi -> Semua traffic -> Saluran. Anda bisa melihat tampilannya di gambar berikut.

Penayangan iklan di akun adsense anda dibatasi

Umumnya pada menu tersebut akan muncul Organic Search, Direct, Referral, dan Social, namun pada beberapa website, juga muncul others.

Sebelum lebih jauh, berikut adalah penjelasan tentang menu-menu tersebut.

Organic Search adalah traffic atau pengunjung yang datang melalui search engine. Ini adalah traffik yang paling aman dan paling bagus, umumnya website harus memiliki persentase kunjungan tertinggi di menu ini.

Direct adalah traffik atau pengunjung yang datang langsung dengan menuliskan alamat website kita ke browsernya, atau bisa juga para pengunjung yang telah memberikan bookmark pada website, guna untuk mendapat update dari artikel-artikel terbaru.

Social adalah trafik atau pengunjung yang datang setelah mengklik link yang biasa kita bagikan di sosial media seperti, Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan sebagainya. Beberapa pendapat menyatakan bahwa traffik dari sosial media ini tidak termasuk sumber traffik yang bagus, karena visitor yang masuk itu hanya terpengaruh oleh tumbnail dan click bait saja, namun ada juga yang menyatakan sebaliknya.

Referral adalah traffik atau pengunjung yang masuk ke website, setelah mengklik link atau backlink yang sempat ditanamkan ke website orang lain. Referral ini juga termasuk merekam aktifitas dari traffik bot, jingling (auto visitor) dan blackhat SEO lainnya, yang menyebabkan terjadinya pembatasan iklan.

Berdasarkan itu semua, kami mengasumsikan MUNGKIN permasalahan yang muncul berasal dari referral, karena kami termasuk jarang membagikan link ke sosial media. Kami juga menemukan beberapa website yang tidak pernah kami backlink, tercatat di referral ini.

Berapa Lama Pembatasan Berlangsung

Seperti yang diberitahukan oleh google, bahwa Pembatasan ini akan berlangsung kurang lebih selama 30 hari, itu artinya bisa kurang dari 30 hari dan bisa lebih dari 30 hari, untuk alasannya mengapa demikian, hanya google yang tahu.

Namun jika ingin belajar dari pengalaman kami, maka berikut adalah lama waktu pembatasan yang kami alami.

Pembatasan pertama terjadi dari tanggal 13 Mei 2021 hingga 21 Juni 2021 dengan total waktu selama 38 hari, kami melihat iklan pada website kembali muncul pada tanggal 22 Juni 2021

Pembatasan kedua terjadi dari tanggal 14 Juli 2021 hingga 21 Juli 2021 dengan total waktu selama 7 hari.

Kemudian pembatasan ketiga terjadi pada tanggal 24 Juli 2021 hingga 31 Juli 2021 dengan total waktu selama 8 hari, kami melihat iklan muncul kembali pada tanggal 01 Agustus 2021.

Dari itu semua, maka kami coba simpulkan bahwa pembatasan ini bisa saja terjadi selama minimal satu minggu hingga dua bulan.

Apa Yang Harus Dilakukan

Bembatasan iklan ini tentu saja membuat sebagian orang merasa panik, terutama untuk mereka yang baru saja tergabung dengan google adsense.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Blog yang Menarik Untuk Pemula

Namun, sebenarnya anda tidak perlu khawatir, selama anda tidak melakukan kesalahan yang benar-benar fatal, seperti mengklik iklan sendiri secara sengaja dan sebagainya.

Yang kami lakukan pada website ini saat terjadinya pembatasan iklan adalah seperti berikut:

Saat pembatasan pertama yang terjadi pada tanggal 13 Mei 2021, kami mengikuti beberapa saran dari sesama pemilik website, yaitu mencopot adsense dan menghubungkan google analitics (untuk google analitics, sudah kami hubungkan sejak lama)

Kemudian tetap mengupdate artikel dengan keyword-keyword yang memungkinkan untuk artikel agar masuk ke halaman pertama, dan aktif membalas komentar-komentar yang masuk hingga akhirnya pembatasan kami dibuka.

Saat pembatasan kedua dan ketiga kami mendiamkannya saja, dan tidak melakukan apa-apa kecuali tetap mengupdate artikel seperti biasa, alhasil pembatasan iklan kami juga dibuka.

Jika kita menarik kesimpulan dari kedua alternatif itu, maka menurut kami salah satu yang bisa anda lakukan jika mengalami pembatasan adalah untuk membuat website anda tetap aktif, karena sebaik-baiknya SEO adalah yang membuat visitor nyaman dan betah di website kita bukan.

29 comments for "Penayangan Iklan Adsense Dibatasi, Ini Yang Harus Anda Lakukan"

  1. Oh, maka saat kita harus ganti template gimana ya biar nggak kena pembatasan. Kan kadang kitanya penasaran mau lihat tampilan blog kita gimana saat ganti element. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara termudah ya dengan menggunakan preview aja kak.
      terus untuk element2nya dicek sekaligus gituuu sih saran aku...

      Delete
    2. Hmm... Iya sih. Tapi kadang ngubah element maunya langsung liat aja gitu. Hehehe

      Delete
    3. Jangan deh kak, nanti keseringan dilihat kacau juga.
      kan biasanya kalo ngubah element, bisa berkali-kali di cek.

      mending pakai preview aja, sama aja kok tampilannya

      Delete
  2. Belum banyak tahu tentang adsense, cuma daftar2 aja dan muncul iklan di blog hehee aku kayaknya perlu belajar lagi dengan baca artikel kek gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rada sensian nih adsense nya sekarang, huhuu

      Delete
  3. Tiba saatnya nanti mau juga dapat cuan dari adsense....membaca tulisan ini salah satu cara untuk menggapai itu.

    ReplyDelete
  4. wah.. aku br tau ttg adsense ini gmn2nya.. plg dlu cuma sekilas dgr dr teman blogger.. Semoga bisa upgrade blog jg dan nnti bisa gunain adsense

    ReplyDelete
  5. Tapi kalau web web besar masih banyak aja iklan yang ditayangkan apa semuanya bukan hanya dari adsense ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, rata-rata begitu..
      di eransa ini aja, ada 2 iklan lain selain adsense

      Delete
  6. Aku belum pernah pasang adsense, Kakak. Ternyata ketentuannya sekarang tuh begini ya, ada pembatasan-pembatasan juga.

    ReplyDelete
  7. Wah, pembatasan ini berakibat juga ke iklan dan penghasilan yah. Ilmu bermanfaat nih buat pemain adsen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, karena iklan ga ditampilkan selama pembatasan itu

      Delete
  8. kadang bingung settingnya banyak iklan yang gak sesuai dengan artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia, kdang artikel kita membahas a, tapi iklan yang ditampilkan adalah tentang d,, jauhhhh

      Delete
    2. Nah bener nih... Kadang iklan sama isi artikelnya kayak gak satu tema gitu. Emang random ya?

      Delete
  9. Bakal dicoba deh nanti, ilmu baru nih..
    Makasih ilmunya yak

    ReplyDelete
  10. Wow makasih tipsnya... Alhamdulillah adsense blog aman. Tapi belum pernah gajian hahahaha... Bagi tipsnya juga dong

    ReplyDelete
  11. Ajari nengsi tentang adsense donk kak. Biar bisa daftarin blog ini juga. Hehe

    ReplyDelete
  12. Waduh mesti banyak belajar lagi nih soal adsense, terima kasih infonya kak.

    ReplyDelete