Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Penting, Ini 4 Tools Untuk Cek Foto Hoax

cek foto hoax

Apakah anda atau orang terdekat anda pernah menjadi korban atau melihat foto hoax yang tersebar di sosial media seperti WhatsApp, Twitter, atau mungkin Facebook?

Jika iya, anda perlu mengetahui hal ini.

Secara sederhana, hoax merupakan berita bohong atau informasi yang tidak sesuai dengan fakta yang ada. Dengan membludaknya teknologi dan akses internet yang sangat gampang seperti sekarang ini, hoax menjadi sangat mudah tersebar.

Kurangnya literasi, minimnya informasi yang didapatkan serta gagap teknologi (gaptek) menjadi sedikit dari alasan seseorang bisa terkena Hoax, alhasil berita yang tidak sesuai dengan fakta akan menyebar dengan sangat luas.

Terutama saat awal-awal terjadinya pandemi pada Maret 2020 silam, begitu banyak berseliweran gambar tentang Covid-19 yang tidak bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya, lantas membuat ketakutan dan kebingungan ditengah masyarakat, bahkan hingga ke-tidak percayaan terhadap pemerintah.

Baca Juga : Awas Ada Peningkatan Jumlah Kunjungan Situs Porno!

Hoax bisa terjadi karena adanya oknum yang berkepentingan dengan hoax tersebut, bisa karena tujuan politik, bisnis, dan sebagainya. Namun demikian juga dapat disebabkan akibat tidak sengaja menyebarkan karena ke-tidak tahuan tapi menganggap berita itu benar, atau karena penyampaian informasi yang salah.

Banyak cara sebenarnya yang dapat dilakukan untuk mengecek keabsahan suatu informasi yang dicurigai hoax, salah satunya adalah dengan cek foto hoax yang menjadi konten pemalsuan infromasi tersebut, apakah pernah diterbitkan ditempat lain atau tidak.

Dengan melakukan cek foto hoax anda akan lebih terproteksi dan mengetahui sumber awal konten yang menjadi konten hoax tersebut, lalu bisa menginformasikannya kepada orang lain.

Penting, Ini 4 Tools Untuk Cek Foto Hoax.

Berdasarkan hasil riset kami, dan seteleh sempat mengikuti salah satu pelatihan yang diberikan oleh Tempo, setidaknya ada 4 tools yang bisa di rekomendasikan untuk anda gunakan jika ingin cek foto hoax terhadap suatu konten yang disebarkan, apakah konten itu ada ditempat lain atau tidak sehingga anda bisa membadingkannya.

#1 Reserve Image Dari Google.

Tools pertama untuk cek foto hoax yang bisa anda gunakan untuk mengecek sumber lain dari sebuah gambar adalah menggunakan reserve image dari google.

cek foto hoax

Dengan menggunakan tools ini, gambar yang anda masukan akan ditelusuri sumbernya apakah terdapat di google atau tidak.

Setelah ditemukan, google akan menampilakan sumber-sumber lain dari gambar tersebut untuk kemudian dapat anda bandingkan.

Jika anda ingin menggunakan tools dari google ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut

  1. Masuk ke halaman google image atau klik disini
  2.  Pilih menu upload gambar.
  3.  Pilih gambar yang ingin dicek, kemudian tunggu hingga proses upload selesai.
  4. Setelah itu google akan menampilakan hasil pencarian anda terhadap gambar tersebut.
  5. Terakhir, anda hanya perlu membandingkan gambar-gambar tersebut.

#2 Reserve Image Dari Yandex

Yandex merupakan sebuah mesin percari yang berasal dari Rusia, mesin pencari ini sangat efektif untuk anda gunakan jika menemukan konten hoax berbentuk foto yang kemungkinan berasal dari Eropa.

Jika anda ingin menggunakan tools Yandex dalam cek foto hoax, anda bisa masuk kehalaman pencarian gambar nya, atau klik disini 

cek foto hoax

Untuk mengunakan Yandex, hampir sama dengan google image, hanya saja menu upload nya berlambang kamera.

#3 Reserve Image Dari Tineye

Tools ketiga yang kami rekomendasikan berikutnya adalah Tineye. Secara umum kegunaan dan cara penggunaannya sama dengan Google dan Yandex, namun kelebihan dari tools ini adalah memiliki filter untuk menampilkan gambar yang dicari berdasarkan urutan waktu.

cek foto hoax

Anda akan lebih mudah untuk mengetahui situs mana yang pertama kali menyebarkan foto yang sedang anda cari tersebut dengan menggunakan tools ini.

Jika anda tertarik untuk menggunakan tools Tineye, anda bisa klik disini 

#4 Fake News Debunker by InVid Weferivy ( Extension di Chrome)

Untuk anda yang aktif menggunakan Google Chrome sebagai alat untuk menjelajah internet, ada satu extension yang bisa anda instal di chrome anda yang bernama Fake newsdebunker by InVid Weferivy

Penggunaannya pun sangat mudah, cukup kilk kanan pada gambar yang ingin anda cek, lalu pilih Fake news debunker by InVid Weferivy, setelah itu akan banyak pilihan tools yang bisa digunakan untuk cek foto hoax tersebut atau menggunakan semuanya sekaligus, seperti berikut.


2 comments for "Penting, Ini 4 Tools Untuk Cek Foto Hoax"

  1. Wah ini bermanfaat, tahu sih google punya fitur upload foto untuk cari sesuatu melalui gambar, ternyata bisa juga dipakai untuk cari tahu soal ini ya. Ya ya ya.

    Tapi kalau cari foto mantan di Google apakah bisa juga? Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk cari foto mantan, coba deh buka "Recycle Bin", siapa tau masih bisa di Restore kak..
      Anw Kalo mantannya juga aktif di medsos, sebenarnya bisa-bisa aja ditelusuri dengan tools diatas kak.

      Delete