Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Cara Mudah Verifikasi Video Hoax Dalam 5 Menit !

video hoax

Berita palsu yang terdiri dari foto atau video hoax agaknya menjadi suatu masalah yang cukup serius saat ini, dimana teknologi sudah mulai berkembang dengan begitu pesat.

Penggunaan sosial media yang harusnya dipakai untuk menghubungakan antara satu orang dengan orang lain justru menjadi alat bagi sebagian okmun untuk menjebarkan berbagai berita bohong dan menyesatkan demi tujuan tertentu.

Ketidak fahaman untuk menyaring berita menjadi salah satu penyebab dari mudahnya konten-konten hoax ini tersebar, bahkan kadang disebarkan oleh orang-orang terdekat kita.

Bisakah anda bayangkan jika kebetulan anda menjadi orang yang menyebarkan berita palsu kepada keluarga karena ketidak tahuan anda terdapat kebenaran berita tersebut?

Keluarga anda akan termakan hoax yang anda berikan kepada mereka, walaupun tanpa disengaja. 

Untuk itu sangat perlu pengetahuan tentang bagaimana cara menyaring satu informasi yang didapatkan agar terhindar dari hoax.

Baca juga : Awas Ada Peningkatan Jumlah Kunjungan Situs Porno

Konten hoax, biasanya terdiri dari video, foto, dan narasi yang dibuat seakan begitu menakutkan dan benar, untuk sebagian orang mungkin bisa dengan mudah membedakan mana yang hoax dan mana yang tidak, namun tidak untuk orang-orang yang belum memiliki spesialisasi dibidang itu.

Jika anda menerima informasi yang menyertakan foto didalamnya, sebelum mempercayai infromasi itu ada baiknya anda melakukan penyecekan dan pembandingan sumber dari berita tersebut, untuk lebih jelas anda bisa kunjungi artikel ini.

Penting, Ini 4 Tools Untuk Cek Foto Hoax

Sedangkan untuk anda yang mendapatkan video mencurigakan yang anda asumsikan sebagai video hoax, entah itu dari youtube, facebook, whatsApp keluarga dan sebagainya, anda bisa mengecek video tersebut dengan InVid.

InVid adalah tools yang bisa dipakai untuk melakukan pengecekan terhadap video hoax secara gratis, tools ini sering digunakan oleh para wartawan untuk memverivikasi video yang mereka dapatkan mengingat lama nya proses yang harus dilakukan manual.

Toos ini memiliki berbagai fitur yang cukup menarik, seperti mencari fakta dengan menemukan tangkapan gambar pada video untuk memastikan apakah sudah pernah diupload diinternet atau belum, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan basis data dari suatu video, menemukan hak cipta, dan juga telah mendukung reserve image dari berbagai tools seperti Yandex, Google Image, Bing, dan yang lainnya.

Lalu bagaimana cara menggunaan InVid untuk memverifikasi video hoax dalam 5 menit?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan anda sudah membuka Google Chrome atau Mozila Firefox, karena InVid berbentuk extension, maka anda harus meng-instal-nya dulu di Google Chrome atau Mozila Firefox anda.
  • Setelah browser terbuka, untuk meng-instalInVid anda bisa lakukan pencarian di google dengan kata kunci InVid, atau dengan klik disini

video hoax

  • Setelah selesai melakukan peng-instal-an, anda dapat membuka Invid dengan klik logo exstension pada brower anda, biasanya ada di ujung kanan atas.

video hoax

  • Setelah tampilan awal InVid muncul anda hanya perlu memasukan url video yang ingin anda cek. 

video hoax

Jika anda klik open Invid, maka anda akan dapat menggunakan berbagai alat verifikasi lain yang tersedia secara gratis, seperti berikut

video hoax

  • Analysis yang memungkinkan anda untuk memverifikasi video secara kontekstual.
  • Keyframes yang memungkinkan anda untuk dapat memverifikasi fragmen atau potongan per video sekaligus untuk kemudian dicek menggunakan image search reverse
  • Thumbnails yang memungkinkan anda untuk mencari thumbnail dari video di Youtube
  • Twitter search yang adalah tools yang bisa anda gunakan untuk mencari suatu gambar atau video yang di upload di Twitter
  • Magnifier atau alat untuk magnifikasi suatu gambar
  • Metadata yang memungkinkan anda untuk dapat melacak metadata video atau gambar tanpa harus memakai tools lain
  • Video rights yang memungkinkan anda untuk melacak hak cipta pada video di Youtube, atau situs berbagi video lainnya.
  • Forensic yang memungkinkan anda untuk dapat menganalisis keaslian sebuah gambar dengan berbagai menggunakan berbagai metode, mulai dari ELA dan lain sebagainya.

Post a Comment for "Cara Mudah Verifikasi Video Hoax Dalam 5 Menit !"