Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Rekomendasi Wisata Alam di Bengkulu

Anda bingung menentukan tempat untuk vacation yang menarik?

Atau anda sedang ingin pergi ke suatu tempat yang memiliki gunung serta pantai yang cantik?

Jika iya, anda mungkin bisa berkunjung ke Bengkulu.

Bengkulu merupakan salah satu Provinsi yang terletak di pulau Sumatera, yang memiliki cukup banyak destinasi wisata alam yang dapat memanjakan mata.

Jika anda tertarik untuk Wisata alam di Bengkulu atau mungkin anda sedang vacation di Provinsi yang merupakan tempat bunga Raflesia berkembang dengan baik ini, ada beberapa rekomendasi wisata alam yang bisa anda kunjungi.

#1 Gunung Kaba

Rekomendasi wisata alam di Bengkulu yang pertama adalah Gunung  Kaba, ini merupakan salah satu gunung aktif yang ada di Provinsi Bengkulu, tepatnya di Kabupaten Rejang Lebong.

Wisata Alam di Bengkulu

Gunung Kaba atau masyarakat sekitar menyebutnya Bukit Kaba, akan menyajikan pesona kawah yang berwana hijau pekat yang jarang sekali ditemukan digunung-gunung merapi lainnya.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1938 MDPL dan kira-kira hanya membutuhkan waktu dua hingga tiga jam pendakian saja untuk sampai ke puncaknya.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Gunung Kaba ini, mungkin anda bisa membaca artikel berikut untuk menambah referensi.

#2 Pantai Panjang

Rekomendasi wisata alam Bengkulu berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Panjang, Pantai Panjang merupakan salah satu wisata alam terdekat dengan pusat kota Bengkulu.

Wisata Alam di Bengkulu

Hanya dalam waktu 10-15 menit saja, jika anda memulai perjalanan dari Simpang Lima Bengkulu anda akan langsung bisa ke pantai yang satu ini.

Pantai Panjang memiliki bibir pantai dengan lebar 500 M dan panjang sejauh 7 km, disepanjang pantai-nya akan anda temukan deretan pohon cemara yang terlihat sangat indah.

Pantai Panjang juga memiliki pasir putih dengan deruan air laut yang biru, terdapat joging track juga yang biasa digunakan untuk berolahraga.

#3 Pantai Linau

Pantai Linau adalah salah satu pantai yang ada di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Pantai Linau sering dikatakan sebagai surga nya pantai di wilayah Bengkulu, hal ini dikarenakan Pantai Linau memiliki kecantikan yang luar biasa.

Wisata Alam di Bengkulu

Pantai Linau juga memiliki pasir yang putih dengan air yang sangat bening, pantai ini sangat cocok untuk anda yang sekedar ingin piknik atau pun berenang, karena deburan ombak pantai ini cenderung lembut dan tenang.

Pantai Linau juga memiliki terumbu karang yang sangat indah, pas sekali dijadikan tempat untuk melepaskan penat dan menghilangkan stres.

Baca Juga : Persiapkan Beberapa Hal Berikut Sebelum Terjadi Bencana Alam

Bagi para pemburu kuliner, ada jajanan khas Kabupaten Kaur yaitu Sate Gurita, yang bisa anda temukan dengan mudah di tempat ini.

#4 Pantai Way Hawang

Setelah puas bermain di Pantai Linau, sebaiknya anda jangan buru-buru pulang dulu.

Karena anda bisa melanjutkan kembali eksplorasi di Pantai Way Hawang.

Wisata Alam di Bengkulu

Pantai ini juga berada di Kabupaten Kaur, tepatnya di Desa Way Hawang. Pantai Wayhawang ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat seonggok batu karang besar di tengah-tengahnya yang biasa disebut sebagai “batu jung”. Anda bisa berfoto disekitaran batu karang ini karena cukup dangkal dan mudah dijangkau.

#5 Mt. Daun

Jika anda memiliki fisik yang lumayan prima dengan peralatan mendaki yang memadai, mungkin anda bisa mencoba ke wisata yang satu ini.

Wisata Alam di Bengkulu

Gunung Daun (Bukit Daun)  merupakan salah satu gunung berapi yang di kalderanya telah terbentuk satu danau berbentuk telapak kaki.  Memiliki ketinggian sekitar 2.467 MDPL dengan kondsi alam yang masih begitu lestari.

Untuk memulai pendakian ke Bukit Daun, anda bisa melalui Kabupaten Rejang Lebong, jika dari kota Kengkulu, jalur masuk ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Jika anda tertarik mendaki ke Gunung Daun, anda bisa membaca artikel ini sebagai petunjuk.

#6 Pulau Enggano

Objek wisata alam Bengkulu yang bisa anda kunjungi berikutnya adalah Pulau Enggano.

Wisata Alam di Bengkulu

Pulau Enggano akan memanjakan anda dengan banyak wisata alam di dalamnya, anda bisa beermain di pantai dengan air yang jernih dan bebatuan krang yang cantik, anda bisa mencoba untuk Snorkeling, panjat tebing, mengunjungi danau yang airnya seperti kaca (bening), hingga tracking di cagar alamnya.

Pulau Enggano memiliki luas sekitar 400,6 Km persegi, jika ingin berkunjung ke pulau ini anda bisa menyebrang dengan menumpang kapal yang  menjual jasa penyebrangan.

#7 Pulau Tikus

Belum puas bermain di Pulau Enggano? Tenang, masih ada Pulau Tikus.

Disebut Pulau Tikus, karena memiliki luas yang kurang dari 1,5 Ha. Namun, walaupun kecil, pulau yang satu ini sangat banyak menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Wisata Alam di Bengkulu

Sama seperti Pulau Enggano, untuk mengunjungi Pulau Tikus anda bisa menggunakan kapal atau speed boat yang menjual jasa penyebrangan.

Pulau tikus memiliki surga bawah laut yang sangat mempesona, anda akan mendapati berbagai bentuk terumbu karang dan ikan-ikan cantik jika mencoba Snorkeling disana.

12 comments for "Rekomendasi Wisata Alam di Bengkulu"

  1. Mantap, waktu itu pernah event di Bengkulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh keren banget kak..
      semoga ada waktu ke Bengkulu lagi ya

      Delete
  2. Rekomendasi yang oke... bisa dilist di sceduleku ni

    ReplyDelete
  3. rekomendasinya bagus2 bggt kak!! jd pengen ke bengkulu, instagramable bgt view nya

    ReplyDelete
  4. Sudah menarik mbak, tinggal meningkatkan relasi, saling blogwalking saja, sukses selalu

    ReplyDelete