Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

adsense

Masa Pandemi Gini, Enaknya Bisnis Sembako


Pengurangan gaji atau bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan sedikit dari berbagai pengaruh yang timbul akibat pandemi Covid-19.

Orang-orang yang awalnya memiliki pekerjaan yang baik dengan penghasilan yang cukup, terpaksa harus memutar otak guna mencukupi kebutuhannya.

Untuk itu banyak dari mereka yang banting stir ke bidang lain yang sebelumnya bahkan tidak pernah  sekalipun mereka lirik, seperti berjualan atau berbisnis.

Berbisnis memang merupakan suatu hal yang paling efektif untuk dilakukan dimasa pandemi seperti saat ini, selain karena cenderung lebih mudah, berbisnis sendiri memungkinkan kita untuk mendapatkan pemasukan yang lumayan besar.

Hal lain yang menyebabkan dipilihnya bisnis sebagai salah satu cara untuk bertahan adalah karena dengan bisnis kita bisa mengatur modal yang harus dikeluarkan, cenderung fleksibel dengan waktu, serta dapat dilakukan oleh siapa saja.

Salah satu bisnis yang cukup ramai dan banyak dilakukan serta efektif dikerjakan ketika pandemi seperti saat ini adalah bisnis sembako. Bisnis ini cenderung menguntungkan karena bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar, bisnis ini pun juga bukanlah merupakan  bisnis musiman karena sembako adalah  kebutuhan pokok yang akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memulai bisnis sembako?

Bagi anda yang tertarik untuk memulai berbisnis sembako, setidaknya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis sembako yang akan anda jalani nantinya berjalan dengan lancar, yaitu:

#1 lakukan Riset Pasar

Hal pertama yang harus anda kerjakan adalah melakuakan riset pasar terkait kebutuhan pokok apa saja kah yang paling dibutuhkan oleh lingkungan sekitar anda. Dengan begitu anda tidak akan kesusahan untuk menentukan barang-barang yang nantinya akan anda stok.

Riset ini juga bertujuan untuk menentukan harga, anda harus mencari tahu berapa rata-rata harga jual barang yang akan anda pasarkan nantinya.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Blog Yang Menarik !!

#2 Persiapkan Pembukuan

Setelah anda mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan berikut harga jualnya, anda harus mulai mencatat barang-barang tersebut agar mengetahui perhitungan keuntungan yang mungkin bisa anda dapatkan.

#3 Tetapkan Strategi Bisnis Yang Sesuai Dengan Lingkungan

Yang paling mengerti tentang lingkungan anda adalah anda sendiri, maka anda harus mulai menetapkan strategi penjualan yang sesuai dengan lingkungan anda itu. Tidak semua strategi cocok diterapkan disemua lokasi, perhatikanlah kebiasaan masyarakat disekitar anda, jumlah kendaraan yang lewat mungkin, hingga apa saja yang menjadi kegemaran dilingkungan anda.

#4 Menemukan Tempat Grosir Barang.

Karena anda akan berjualan sembako, maka penting untuk menemukan tempat grosir yang benar. Anda harus mendapatkan tempat untuk meng-grosir barang dengan pelayanan yang baik, lengkap, serta terpercaya.

Nah itulah tadi beberapa hal yang bisa untuk anda lakukan jika ingin memulai bisnis sembao, gimana mudah bukan?

Post a Comment for "Masa Pandemi Gini, Enaknya Bisnis Sembako"