Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERSIAPKAN BEBERAPA HAL BERIKUT SEBELUM BENCANA ALAM TERJADI

Bencana Alam Banjir serta Angin Badai yang baru saja menimpa NTT tentu memberikan duka yang cukup mendalam, bencana ini juga memberi kita pelajaran sekaligus mengingatkan untuk mempersiapkan segala sesuatu sebelum terjadi.

Banyak orang yang terluka akibat dari bencana ini, tdak sedikit kerugian yang harus dirasakan, bahkan hingga beberapa warisan budaya pun dikabarkan rusak.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya bencana, mulai dari hembusan angin yang besar, curah hujan yang tinggi bahkan pergerakan lempeng bumi pun dapat menimbulkan benca alam.

Terlebih karena negara Indonesia terdiri dari banyak gunung,sungai, serta dikelilingi oleh lautan, maka kemungkinan untuk terjadinya bencana alam juga tidak kecil, sehingga penting rasanya untuk bersiap menghadapi bencana alam tersebut, terutama untuk anda yang berada didaerah yang sangat rawan bencana.

Dengan memahami prosedur penyelamatan diri dan melakukan persiapan akan bencana alam, dihrapakan dapat mengurangi resiko atau setidaknya membantu anda menghadapai bencana tersebut.

Untuk itu, berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan atau persiapkan sebelum terjadinya bencana alam.

 

#1  Fahami Potensi Bencana Alam di Sekitarmu.

Jika anda dan keluarga tinggal dipinggir pantai, atau dekat dengan pantai, apa yang akan anda lakukan saat permukaan air naik? Yup mengungsi ketempat yang lebih tinggi.

Namun apakah anda mengetahui jalur mana yang paling cepat untuk menuju ketempat yang tinggi itu?

Jika anda sudah mengetahuinya, maka anda sudah cukup tanggap akan potensi bencana, namun jika anda belum mengetahui jalur mana yang tercepat, anda perlu memepejarinya segera.

Hal ini juga sama untuk anda yang tinggal diarea yang rawan longsor, atau berada didekat gunung berapi, dan sebagainya.

 Baca Juga : Ide Mengatasi Tidak Bisa Mudik Lebaran !

#2 Persiapkan Perbekalan.

Bagi anda yang merasa lingkungan rumahnya merupakan tempat yang selalu terjadi bencana, sebaiknya anda mulai mempersiapkan perbekalan untuk mungungsi, anda bisa meletakan perbekalan tersebut ditempat yang mudah digapai, sehingga jika terjadi benca dadakan anda bisa langsung mengungsi sembari membawa perbekalan tersebut, karena untuk mempersipakan sesuatu saat terjadi bencana akan memakan waktu yang lumayan lama, dan tentu akan membahwayakan diri.

Dengan mempersiapkan perbekalan dan menyimpanya ditempat yang mudah dicapai, saat tersjadi bencana anda hanya perlu fokus kepada perbekalan tersebut dan anggota keluarga anda, sehingga dapat menghemat waktu menyelamatkan diri.

Pastikan terdapat beberapa lembar potong pakain setiap orang yang ada dirumah anda didalam perbekalan tersebut, sediakan juga air dan bebrapa cemilan, P3K, serta uang tunai.

 Baca Juga : Ini Dia, Cara Menghemat Listrik Dirumah Anda !

#3 Perhatikan Lokasi dan Posisi Parkir Kendaraan

Hal ini sangat penting mengingat untuk memutar kendaran membutuhkan waktu yang tidak sebentar, jika terjadi bencana dan anda masih sempat untuk menggunakan kendaraan untuk menyelamat kan diri, maka gunakan lah kendaraan tersebut.

Agar anda tidak kesusahan dalam penggunaannya, maka  dari itu penting rasanya untuk selalu memarkirkan kendaraan anda menghadap  ke depan atau jalan untuk pergi.

 Baca Juga : Objek Wisata Banyak Rusak, Bagaimana Cara Ikut Berperan

#4 Posisi Kunci

Demi keamanan kadang anda menambah beberapa kunci pengaman dipintu rumah anda bukan?

Hati-hati, jangan sampai kunci tambahan ini justru membuat anda celaka saat terjadi bencana, anda harus mulai mengumpulkan seluruh kunci rumah disatu wadah atau tempat yang mudah untuk anda capai, mengingat bencana alam bisa terjadi kapan pun,penting rasanya untuk membiasakan diri mengambil dan menyimpan kunci ditempat yang sama, agar ketika terjadi bencana, anda akan lebih mudah menemukan kunci rumah anda itu.

Itulah tadi beberapa rekomendasi yang bisa anda lakukan atau siapkan untuk menghadapi bencana, tentu kita tidak akan mampu untuk melawan alam, namun bukan berarti usaha menyelamatkan diri tidak boleh dilakukan.

Posting Komentar untuk "PERSIAPKAN BEBERAPA HAL BERIKUT SEBELUM BENCANA ALAM TERJADI"

Berlangganan via Email