Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INI DIA, CARA MENGHEMAT LISTRIK DI RUMAH ANDA

Peninggakatan penggungaan daya listrik tentu menjadi sesuatu yang harus disiasati, walapun saat ini pemerintah memberikan keringanan berupa subsidi listrik, namun jangan lupa karena penggunaan listrik juga meningkat saat pandemi seperti ini, sadar atau tidak listrik juga ikut andil loh dalam pengurangan jumlah saldo di tabungan.

Apalagi para karyawan yang harus bekerja dari rumah, cek deh pasti biaya bulanan listrik lebih banyak dari biasanya.

Terutama untuk pasangan muda yang memiliki gaya hidup belum begitu stabil, penting banget loh untuk menghemat penggunaan listrik.

Uang yang harusnya dibayarkan ke listrik, jika mampu berhemat maka bisa digunakan untuk hal yang lain, seperti ditabung atau membeli hal urgent lainnya, dengan begitu tentunya anda akan mendapat manfaat yang lebih bukan.

Jika kita lihat sari sisi lingkungan, menghemat listrik juga sangat baik, jangan lupa bahwa lebih dari 50% sumber listrik kita dihasilkan oleh batu bara yang tentu saja tidak terlalu bagus untuk lingkungan.

Baca Juga : Penjelasan Singkat Tentang Saham

Untuk itu, berikut kami berikan beberapa rekomendasi yang bisa anda lakukan agar dapat menghemat penggunaan listrik.

#1 Perhatikan Penggunaan Lampu

 Cahaya merupakan sesuatu yang sepertinya tidak bisa lepas dari keseharian, bagaimana tidak hampir semua aktivitas yang dilakukan memerlukan cahaya, untuk itu penting sekali bagi anda memperhatikan penggunaan cahaya dirumah agar tidak terlalu memakan banyak daya.

Mengganti lampu ke LED hemat daya merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan, lalu memastikan lampu yang tidak terpakai dalam keadaan mati juga penting loh, hal ini suka dianggap remeh padahal berdampak sangat signifikan untuk menghemat listrik anda.

Jika memungkinkan manfaatkan cahaya matahari sebagai penerang rumah, anda bisa menggunakan atap yang tembus cahaya dibeberapa sudut rumah, asalkan tetap memperhatikan suhu ruangan ya.

#2 Perhatikan Penggunaan AC

Untuk ruangan yang menggunakan AC coba deh untuk mengatur waktu penggunaan AC dirumah anda. Rata-rata pukul 2 hingga pukul 5 subuh suhu mulai menjadi dingin, anda bisa mengatur mematikan AC dikamar tidur di jam-jam ini dengan sistem penjadwalan yang rata-rata sudah dimili AC sekarang.

Untuk ruangan yang terlalu terasa panas, anda cenderung mengecilkan AC pada suhu terendah bukan? Hal ini tentu membuat daya yang dihasilkan semakin besar, solusinya coba perhatikan arah matahari terhadap tembok atau kaca, gunakan pembatas dikaca agar cahaya matahari tidak langsung masuk ke ruangan, untuk ini anda bisa memakai alumunium foil dibagian kaca.

Baca Juga : Waspada Latte Factor, Kamu Harus Tau Ini !

#3 Memperhatikan dan Meminimalisir Membeli Peralatan Boros Daya

Cara lain yang bisa anda lakukan guna menghemat penggunaan listrik dirumah adalah dengan memperhatikan dan perduli terhadap perlatan elektronik yang anda miliki, pastikan tidak ada korslet yang biasanya menyedot banyak daya listrik.

Usahan juga untuk mengurangi atau menghindari membeli peralatan elektronik yang memakan daya lebih dari 200 watt seperti kulkas, mesin cuci dan sebagainya.

Anda bisa mengoptimalkan kerja satu peralatan saja, ketimbang membeli yang baru sedang kan yang lama masih berfungsi dengan baik yang justru hanya diangurin dalam kondisi menyala, selain hemat listrik anda juga bisa menghemat keuangan bukan.

#4 Jangan Terlalu Sering Mematikan dan Menghidupkan Peralatan Elektronik

Pernahkan anda mematikan dan menghidupkan kembali peralatan elektronik untuk jarak waktu yang cepat (5-10 menit), sebaiknya jangan anda lakukan lagi, hal ini karena tarikan pertama dari peralatan eletronik tersebut biasanya memakan daya yang lebih besar, jika suatu peralatan hanya memiliki jedah 5-10 menit setelah dimatikan dan akan dihidupkan kembail, sebaiknya tetap hidupkan peralatan tersebut hingga selesai digunakan, baru kemudian benar-benar dimatikan.

Baca Juga : Wow, Kampus Luar Negeri Masih Pakai Kapur

#5 Perbanyak Tanaman, Perhatikan Ventilasi udara dan Titik Bias Cahaya Matahari.

Jika memungkinkan, perbannyak tanaman disekitar rumah anda, selain berfungsi sebagai pemercantik rumah, tanaman juga bisa menyaring cahaya matahari agar tidak langsung mengenai rumah anda. Tanaman juga baik karena bisa menghasilkan oksigen yang berguna untuk tubuh.

Mengatur ventilasi dengan sebaik mungkin sepertinya perlu anda pertimbangankan, untuk ruangan yang memiliki ukuran yang cukup besar dan tidak mungkin memakai AC, anda bisa memperbanyak ventilasi diruangan tersebut.


Foto oleh Burak K dari Pexels

1 komentar untuk "INI DIA, CARA MENGHEMAT LISTRIK DI RUMAH ANDA"

Berlangganan via Email