Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Artikel Blog Yang Menarik (Untuk Pemula)

Menulis atau membuat artikel blog merupakan suatu kegiatan yang susah-susah gampang, anda harus memperhatikan berbagai aspek agar menghasilkan sebuat artikel yang menarik.

Terutama untuk anda yang merupakan seorang blogger pemula dan belum memiliki kemampuan menulis yang memadai, terkadang suka bingung saat akan atau sedang menulis artikel blog, mulai dari blank ditengah-tengah tulisan, bingung menentukan akhir kalimat, bingung mau mulai menulis apa sebagai kalimat pembuka, hingga jenuh tiba-tiba saat sedang menulis.

Tidak usah terlalu jauh berbicara tentang teknis SEO untuk membuat artikel blog yang menarik hingga menjadi rangking pertama di google seperti salah satu artikel kami dengan kata kunci “surat adsense”, untuk menghasilkan sebuah artikel yang biasa saja terasa begitu susah.

Sehingga, dengan mengetahui langkah-langkah atau teknis menulis artikel, akan sangat membatu dalam membuat tulisan dan mempermudah anda untuk merealisasikan ide-ide yang sudah dikumpulkan

Akhirnya, anda akan menjadi seorang blogger yang benar-benar dapat membuat tulisan yang menarik.

Dengan membaca artikel ini anda tidak hanya akan memahami cara membuat artikel blog saja, tetapi anda juga akan memahami dimana sebaiknya memasukan pengaruh psikologi didalam tulisan anda.

Gimana, tertarik?

Baik, ini yang harus anda lakukan.

Hal pertama yang sangat perlu anda perhatikan saat akan membuat sebuah artikel blog, anda harus ingat terlebih dahulu bahwa menulis dan mengedit itu adalah dua kegitan yang berbeda, maka sebaiknya anda memisahkan kedua hal itu.

Jangan mengedit saat anda sedang menulis, lakukanlah proses editing tulisan saat telah selesai menulis secara utuh.

Mengedit saat sedang menulis akan beresiko menghilangkan ide-ide yang sudah anda rencanakan sebelumnya, karena otak anda teralihkan dengan apa yang sedang anda edit.

Berikutnya, penting untuk anda lakukan saat akan menulis sebuah artikel adalah membuat outline atau kerangka tulisan, hal ini akan membantu anda tetap ingat dengan benang merah tulisan, dan poin-poin apa saja yang akan anda masukan kedalam tulisan, serta posisi dimana sajakah psychological triggers (pemicu psikologi) bisa anda masukan.

Sekarang pertanyaannya, apakah anda tahu bagiaman cara membuat outline atau kerangka tulisan itu?

Baca Juga : Sebelum Memulai Kredit, Perhatikan Beberapa Hal Berikut !

Berikut adalah  isi kerangka tulisan yang biasa kami buat sebelum menulis, yang tentu saja bisa anda ikuti.

#1 Tuliskan Judul

Seperti yang juga telah anda ketahui, dalam setiap tulisan artikel blog selalu ada judul yang menyertai. Untuk itu, anda bisa menuliskan judul artikel anda pada lembar outline, dengan menuliskan judul ini bisa membuat anda tidak perlu kesusahan menemukan judul lagi saat akan melakukan publikasi.

Hal lain yang membuat judul perlu dimasukan dalam outline adalah karena judul juga merupakan salah bagian penting dalam sebuah artikel blog, anda juga wajib mengecek dan melakukan editing pada judul artikel yang anda miliki.

Panduannya adalah, pastikan judul anda mengandung kata kunci, pastikan judul anda relevan dengan isi dari artikel, dan pastikan judul anda menarik (clickbait)

#2 Tuliskan Kata Kunci (Keywords)

Kata kunci merupakan salah satu hal yang begitu penting untuk sebuah artikel blog yang akan dipublikasikan di internet, ini merupakan bagian dari proses SEO, dengan menuliskan kata kunci pada lembar outline akan membuat anda selalu mengingatnya hingga anda bisa menyelipkan kata kunci tersebut pada beberapa paragraf tulisan anda.

Jika anda belum mengerti bagaimana cara menemukan kata kunci, mulailah dengan dua atau tiga kata utama yang akan anda sampaikan, misalnya anda akan menulis artikel tentang “cara membuat kolam terpal” anda bisa menuliskan “kolam terpal” atau “membuat kolam terpal” sebagai kata kunci.

Tentu saja ada cara lain yang biasa dilakukan oleh para blogger profesional, namun untuk anda yang merupakan pemula, anda bisa memulai dengan cara ini.

Baca Juga : 5 Hal Yang Perlu Anda Wapadai, Agar Terhindar Dari Latte Factor

#3 Tuliskan Benang Merah Artikel

Benang merah atau tema dalam tulisan merupakan tuntunan yang menjadi pegangan dalam menulis artikel agar pembahasan tidak menyimpang.

Pernahkan anda merasa bingung saat menulis lalu tiba-tiba pembahasan tulisan anda berubah ditengah-tengah proses menulis?

Hal itu bisa anda atasi dengan membuat benang merah tulisan.

Contohnya seperti artikel yang sedang anda baca ini, penulis membuat benang merah yaitu “memberitahukan pembaca teknis/cara untuk menulis artikel blog”

Dengan begitu penulis akan selalu berada dijalur semestinya yaitu membuat artikel yang memberitahukan pembaca tentang teknis atau cara-cara menulis artikel blog.

#4 Buat Daftar Pertanyaan Sebagai Isi Artikel

Artikel blog itu adalah tentang penyampaian informasi, apapun tema besar blog itu, intinya adalah tentang informasi, itu yang selalu penulis yakini untuk membuat artikel, sehingga menjawab berbagai pertanyaan merupakan langkah yang harus dilakukan.

Anda bisa membuat daftar pertanyaan dengan 5W + 1H atau agar lebih mudah cukup dengan pertikel (Apa, Kenapa, dan Bagaimana).

Baca Juga : Kenapa Kampus Luar Negeri Masih Pakai Papan Tulis Kapur?

Terdapat salah satu metode dalam copywriting, yaitu PAS ( Problem, Agitale, Solution) yang secara garis besar akan sama dengan Apa, Kenapa, dan Bagaimana. Hal ini bisa anda gunakan dalam membuat daftar pertanyaan pada outline anda.

Contohnya pada artikel ini, berikut beberapa daftar pertanyaan yang dibuat.

Apa?

Menulis artikel adalah....

Yang kesusahan menulis artikel adalah......

Dsb..

Kenapa?

Kenapa penting untuk tahu cara membuat artikel...

Dsb..

Bagaimana?

Cara 1 Tuliskan judul

Cara 2 tuliskan kata kunci

Dsb...

Dengan mengembangkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang anda buat tersebut, anda akan menyadari bahwa tulisan yang sedang dibuat itu telah menghasilkan beratus-ratus kata.

Anda juga bisa memperkirakan dimana sebaiknya psychological triggers (pemicu psikologi) diletakan pada tahap ini, sehingga tulisan akan menjadi lebih menarik.

Itulah beberapa hal yang dapat anda ikuti untuk bisa membuat artikel blog yang menarik, gimana?

Mudah bukan, sekarang silahkan coba anda praktekkan, karena semakin sering anda menulis akan semakin baik hasilnya.

Foto utama oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Artikel Blog Yang Menarik (Untuk Pemula)"