Jika tertarik untuk memasang iklan, silahkan hubungi Sdr Erik A Saputro di Wa 0856 6497 4415

Wednesday, August 28, 2019

Objek Wisata Banyak Rusak, Bagaimana Cara Kita Untuk Ikut Berperan Dalam Hal Ini ?

Dokumentasi Sendiri
Eransa - Wisata merupakan suatu kegiatan yang dapat mengurangi tingkat stres sesorang terhadap berbagai beban hidup yang harus di jalani nya. Berwisata mampu membuat otak dan tubuh seakan kembali rileks untuk kemudian nanti bersiap menjalani kenyataan hidup. Bagi para pekerja, wisata ini seakan proses untuk mereka mengisi ulang tenaga agar nanti nya dapat kembali semangat dalam melaksanakan tugas. Bagi para pelajar pun juga bermanfaat dalam menyegarkan kembali otak agar siap kembali ke rutinitas belajar.

Di Indonesia sendiri, terdapat begitu banyak objek pariwisata yang mempesona dan dapat di jadikan sebagai tujuan berwisata. Hampir disetiap daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki objek wisata nya masing-masing dengan keragamannya. Namun dengan banyak nya objek pariwisata tersebut apakah sudah termanfaatkan dan terkelola dengan baik? pertanyaan itu adalah fokus pada pembahasan kali ini.

Terdapat suatu siklus yang agaknya kurang bagus pada pengelolaan objek wisata di Indonesia, yakni siklus musiman. Suatu objek wisata di beberapa daerah yang ada di Indonesia, kadang hanya terlihat bagus dan menarik pada waktu-waktu tertentu saja, seperti saat ada event di tempat itu atau bahkan hanya terlihat bagus saat baru di dirikan saja. Hal semacam ini bahkan terjadi hampir di semua daerah di Indonesia.

Baca Juga :
3 Cara Menghadapi Stres Berlebihan, Kamu Wajib Tahu !!!!
Merubah Sampah, Jadi Harta !!

Objek-objek pariwisata yang telah di buka untuk umum entah itu milik swasta atau pun milik pemerintah, masih banyak yang terlihat kurang terawat. Mungkin di sebabkan dari kurang nya alokasi dana atau tidak merata nya alokasi dana yang di kucurkan (ini hanya opini) sedangkan untuk objek-objek pasiwisata yang di kelola oleh swasta juga bergantung pada penghasilan dari kunjungan wisatawan ke objek wisata tersebut.

Nah untuk turut berperan dalam mengatasi itu, ada beberapa hal yang (mungkin) dapat dilakukan pembaca selaku pengunjung atau penikmat objek pariwisata, seperti hal berikut:

1. Tidak Melakukan Pengerusakan Saat Berwisata.

Adalah hal yang sangat penting bagi para pembaca lakukan saat berkujung ke suatu objek pariwisata adalah dengan ikut menjaga objek wisata yang di kunjungi tersebut, selain akan membantu para pengembang meminimalisir pengeluraan dalam perbaikan, hal ini tentu akan membuat objek wisata tersebut menjadi lebih terawat. Hal-hal seperti mencoret-coret, merusak dan membuang sampah sembarang tentu akan menjadi kan tempat apapun yang awalnya bagus menjadi jelek.

2. Utamakan Berkunjung Ke Objek Wisata Lokal Sebelum Ke Objek Wisata Luar.

Sebelum para pembaca melancong ke luar negeri untuk berliburan, cobalah kembali riset tentang objek-objek wisata yang ada di negeri sendiri, banyak objek-objek wisata yang tak kalah menarik di banding dengan objek wisata luar negeri, hal ini tentu akan membuat wisata lokal menjadi lebih rame dan mendatangkan omset bagi paa pengembang sehingga mampu merawat objke pariwisatanya.

3. Lakukan Campign Untuk Mengenalkan Objek Wisata.

Campagin adalah salah satu cara yang dapat kita gunakan dalam membantu objek wisata yang ada di daerah kita agar lebih terkenal, hal ini tentu akan mendatangkan para wisatawan asing atau luar daerah yang berkunjung. Dengan demikian, tidak hanya objek wisatanya yang akan menjadi terkenal, namun eprokonomian daerah tersebut juga akan bertambah dengan bertambahnya para pendatang.

Itu lah tadi beberapa hal yang dapat kita lakukansebagai pengunjung, untuk membantu mengembangkan objek-objek wisata yang ada di daerah kita. Semoga dengan hal tersebut objek-objek wisata yang sebelumnya tak terawat dapat berbenah dengan baik.

Terimakasih sudah membaca, jangan lupa bagikan jika dirasa bermanfaat, silahkan tuliskan dikomentar jika ingin berdiskusi atau ada masukan, terimakasih. 

0 komentar:

Post a Comment

Follow by Email