Jika tertarik untuk memasang iklan, silahkan hubungi Sdr Erik A Saputro di Wa 0856 6497 4415

Friday, March 22, 2019

Hari Meteorologi Sedunia, 23 Maret Bumi Dalam Kondisi Panas-Panasnya !!!

equinox
Foto : pixabay
Eransa -  Setiap tanggal 23 Maret dunia per meteorologi an akan memperingati World Meteorological Organization (WMO) atau hari meteorologi sedunia.  Di Indonesia sendiri peringatan dari WMO ini biasa di lakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan menggelar beberapa kegiatan seperti, upacara, workshop, seminar internasional dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa meteorolgi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang perubahan cuaca di atmosfer, maka tugas dari WMO sendiri adalah sebagai organisasi yang mendeteksi variabilitas dan perubahan iklim dengan cara melakukan pemantauan jangka panjang terhadap efek dari rumah kaca, radiasi matahari, dan komponen atmosfer lainnya, untuk menilai pengaruhnya terhadap kualitas udara dan iklim.


World Meteorological Organization ini berada di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang beranggotakan 191 negara dan di resmikan pada tanggal 23 Maret 1950. Di tetapkan nya tanggal 23 maret sebagai WMO karena pada tanggal itu bumi sedang mengalami fenomena Equinox, fenomena ini merupakan agenda tahunan yang di alami oleh bumi yakni ketika matahari tepat berada di atas garis katulistiwa, pada fenomena ini pun suhu bumi biasanya akan mulai meningkat karena jarak antara bumi dan matahari menjadi lebih dekat, atau bisa di katakan pula fenomena equinox ini adalah fenomena ketika posisi bumi berada paling dekat dengan matahari.

Kondisi bumi yang semakin hari makin memburuk tentu akan membuat efek dari fenomena ini kian terasa, banyak nya kerusakan yang terjadi kepada lapisan pelindung bumi sebagai akibat dari ulah manusia mungkin akan dapat mempengaruhi lonjakan suhu yang cukup eksrem. Sebagai pembelajaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan penghijauan kepada hutan-hutan yang telah rusak, maka penting rasanya bagi kita untuk memperhatikan dan mengetahui akan fenomena alam yang seperti ini.

Tetap jaga bumi kita, tetap jaga alam kita, dan mari sama-sama kita nikmati indahnya dunia. Terimakasih sudah membaca, silahkan bagikan jika di rasa artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Follow by Email