Tuesday, July 31, 2018

Seleksi Kirab Pemuda 2018 - Di Wawancara Sampe Keringatan Cuy !!


Kirab pemuda merupakan suatu program unggulan yang di miliki oleh Kemenpora (kementrian pemuda dan olahraga), program ini akan mencari satu pasang pemuda dan pemudi dari setiap provinsi yang kemudian akan di berangkatkan untuk mengelilingi Indonesia dengan tugas yang telah di siapkan. Program ini bertujuan sebagai sarana untuk menfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreatifitas, daya saing, kapasitas, kemandirian, dan nilai patriotisme, sehingga dapat membangkitkan jiwa nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI.

Jadi jika teman-teman berhasil masuk dalam program ini, maka kalian akan mendapatkan kesempatan untuk mengelilingi Indonesia dan mengenal lebih dekat dengan kebudayaan di berbagai daerah yang ada di tanah air, gimana asik kan? iya dong.

Kegiatan kirab pemuda ini (untuk tahun 2018) sudah sampai ke tahap wawancara akhir dan pada tanggal 08 Agustus 2018 nanti, seluruh pengumuman tentang siapa saja perwakilan dari tiap provinsi akan di umumkan, hingga pada bulan September, seluruh peserta akan di berikan pembekalan sebelum nanti nya di berangkatkan oleh kemenpora. Namun jangan khawatir bagi yang belum sempat mengikutinya, karena program ini diwacanakan akan diadakan setaip tahun dengan syarat utama usia yaitu berkisar dari 19-25 tahun, atau teman-teman bisa lihat informasi lengkapnya disini.


Hanya ada dua seleksi yang di lakukan Kemenpora, yaitu berkas administrasi dan wawancara. Eits tapi jangan salah, yang daftar itu banyak banget dan yang akan lulus untuk berkas administrasi hanya 5-6 orang aja (3 pasang), seleksi juga akan langsung dilakukan oleh Kemenpora sendiri loh. Berikutnya untuk apa saja kriteria yang mereka lihat saat menyeleksi berkas yang masuk itu saya kurang mengerti, namun satu yang pasti adalah mereka mencari orang-orang (anak muda) yang kreatif dan aktif di oraganisasi atau komunitas.

Nah buat teman-teman yang tertarik untuk mengikuti program dari kemenpora ini, kalian boleh deh untuk mempertimbangkan beberapa hal yang saya sebutin tadi, siapa tahu aja bisa menjadi perwakilan dari provinsi kalian masing-masing, untuk kemudian bertemu dengan pemuda-pemuda yang berasal dari provinsi lain dan melakukan perjalan napak tilas bersama mereka.

Jika telah berhasil lulus dari seleksi administrasi yang di lakukan oleh Kemenpora, berikutnya kalian akan masuk ke seleksi wawancara, yang juga akan di lakukan oleh staf dari Kemenpora beserta staf dari Dispora provinsi, ada 2 orang dari Kemenpora dan 1 orang dari Dispora. Kalian akan di wawancarai satu-persatu, bentuknya kira-kira seperti sidang skripsi lah ya.

Materi yang akan di tanya kan / di uji dalam wawancara ini adalah, kemampuan bahasa Inggris, seputar daerah (bahasa daerah, wisata daerah, adat, sejarah dan sebagainya yang cukup membuat keringat bercucuran), tentang program kerja setelah mengikuti kirab, dan terakhir adalah isu-isu terbaru yang terjadi. Oh iya bakat kalian juga akan di uji ketika wawancara, semisal dalam berkas administrasi di tulis bahwa kalian bisa menari, maka hal itu akan di tes.

Sedikit tambahan info, untuk tahun 2018 di provinsi Bengkulu, materi wawancara yang di berikan adalah seputar isu LBGT dan Radikalisme, yang memang sedang hangat-hangatnya. Dan sedikit tips untuk kalian jika berhasil masuk ke tahap wawancara adalah, usahakan untuk menggunakan baju yang nyaman dan tidak bikin sesak, contohnya kalian tidak perlu menggunakan dasi teman, percaya lah itu akan membuat kalian gerah sendiri,  serta untuk tahun 2018 ini, di Bengkulu terdapat 5 orang yang berhasil masuk ke tahap wawancara, mereka sekarang sedang menunggu datangnya tanggal 08 Agustus 2018 itu tiba, Semangat ^_^


Well, itulah tadi sedikit info yang dapat saya berikan kepada teman-teman yang ingin mengikuti seleksi kirab pemuda, semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Gambar oleh: https://kirabpemuda2018.com/


9 comments:

  1. Seru ya acara ini, kak erik ikutan ga?

    ReplyDelete
  2. Acaranya ntap juga ya. Banyak materi keren yg bisa didapetin, tapi seleksinya juga rada berat nih. 😁

    ReplyDelete
  3. aandai masih bisa ikut kegiatan yang begianian, jadi mupeng pengen ikut

    ReplyDelete
  4. Asyik banget bisa lolos kirab pramuka. jalan-jalan euy..hiihii

    ReplyDelete
  5. Aku pengen ikut tapi mikir kuliah nggak terurus, akhirnya skip dulu.. Semangat ya semoga lolos di tahap selanjutnya

    ReplyDelete
  6. Diska pernah tertarik buat ikut. Tapi terlalu banyak yg diikuti nanti gak kebagi Waktunya. Kayaknya Nengsih yang Perlu ikut ini Mak hehehe

    ReplyDelete
  7. Aduh kak. Smpe keringatan gitu. Hehee

    ReplyDelete
  8. kegiatan keren ini
    positif banget untuk yang muda

    ReplyDelete

Follow by Email