Thursday, February 15, 2018

Full Approve dari Google Adsense, Gimana Caranya ?

Adsense - Selamat datang kembali di eransa, kali ini saya akan sedikit memberikan tentang pengalaman ketika saya di approve sama situs pengiklanan kece si Google Adsense. Yups pasti teman-teman sudah pada tahu donk ya tentang Google Adsense ini, merupakan suatu penyedia layanan pengiklanan yang sangat besar dan tentu saja menjadi primadona bagi para blogger dan youtuber tentunya, pada blog ini kalian bisa lihat (dan klik) di ujung sebelah kanan layar atau di paling bawah layar. 

Google Adsense

Hal ini di karenakan Google Adsense merupakan layanan pengiklanan yang memberikan fee paling besar di banding dengan para saingannya, yang tentu saja menjadikannya sangat spesial. Dengan besarnya bayaran yang di berikan oleh Google Adsense ini, banyak para blogger dan juga youtuber berusaha untuk mendaftar guna menjadi publisher nya, secara Google Adsense ini bisa meng-gaji kita loh, namun tentu saja tidak semudah itu untuk menjadi rekannya si Google Adsense ini. Banyak teman-teman kita para blogger atau pun youtuber di tolak mentah-mentah oleh si GA (Google Adsense) ini teman, bahkan ada yang berkali-kali mengajukan tetap aja ngga diterima, mungkin pendekatannya kurang kaliya? hahaaa. Sebenarnya hal ini juga sempat terjadi ke pada saya ketika mendaftarkan eransa ini ke GA, hingga akhirnya saya berhasil di approve. Well dari pengalaman itu, sehingga saya beranikan diri deh untuk coba membagikannya kepada teman-teman.

Sebelum saya mulai tentang pengalaman ini, saya ingatkan kembali kepada teman-teman bahwa akun pada GA ini ada dua tipe yaitu akun hosted dan non-hosted. Akun hosted adalah akun GA yang hanya bisa kita gunakan pada produk google saja seperti blog (.blogspot.com) dan youtube, sehingga akun ini tidak bisa kita gunakan untuk menampilkan iklan pada situs yang telah memiliki Top Level Domain (TLD) sendiri seperti eransa.com, atau situs yang berakhiran .net, .id, .org dsb. Nah untuk situs-situs yang memiliki TLD sendiri tersebut maka kita dapat menggunakan akun non-hosted.

Google Adsense

Dalam artikel kali ini akan saya bahas tentang pengalaman saya di approve di kedua akun tersebut.

Mendaftar di Akun Hosted
Pertama kali saya mencoba mengajukan diri un tuk menjadi publisher nya GA adalah ketika blog saya baru berumur dua bulan, kala itu saya masih menggunakan blog yang gratisan. Artikel yang ada pada blog saya hanya sekitar tiga artikel, dan tampilan blog saya, yah gitu lah ya (template bawaan dari blogger). Dengan keterbatasan-keterbatasan itu saya menggunakan keyakinan saya untuk daftar di GA, dan taraaa ketika telah mendaftar saya dapat email bahwa pihak GA memerlukan waktu 3 hari untuk menilaian kelayakan blog saya, saya yakin teman-teman bisa menebak gimana hasilnya, DITOLAK !! kala itu saya mengerti tentang sakitnya di tolak itu seperti apa. :P

Pasca penolakan yang bikin saya galau itu, sebagai seorang laki-laki sejati tentu saja saya tidak menyerah dong ya, saya mulai memperbaiki blog saya, memperbanyak tulisan saya dan mencoba mendaftar kembali, dengan siklus yang sama kira-kira mungkin sekitar tujuh kali saya kembali di tolak oleh GA, alasnya tetap sama yaitu konten yang tidak memadai, tombol navigasi tidak jelas, dan sebagainya. Hal ini mulai membuat saya berfikir, ini si GA kayaknya sama deh dengan cewek kalo mau nolak cowok, ada-ada aja alasannya (saya tahu dari sinetron ya).


Lantas seiring berjalannya waktu, blog saya sudah berumur kira-kira satu tahun lebih, saya udah coba untuk move on dari GA dan berfokus pada tulisan saja, toh saya bisa dapat pendapatan dari me-review produk orang atau endorse gitu. Hal ini mulai membuat saya untuk memperbanyak jaringan saya, memperbanyak teman sesama blogger, mengunjungi situs-situ orang lain, gabung ke grup-grup blogger yang akhirnya benar-benar membuat saya lupa akan GA. 

Dari berbagai informasi-informasi yang saya dapatkan akhirnya saya merubah seutuhnya tampilan blog saya, mulai dari menu navigasi, merubah template, dan bahkan cara menulis, hingga saya tidak sengaja menunjungi salah satu blog kampr*t yang memamerkan pendapatannya dari GA, dan ahkkkkkk saya keinget lagi sama GA. Perasaan ini sama dengan kamu keingat mantan kamu gitu loh temen-temen, terus ingin rasanya stalk dia gitu kan, dan akhirnya galau sendiri. Ini terjadi ke saya loh, namun tidak sampe galau ya, karena hanya dalam hitungan jam (saya daftar jam delapan lewat) dan saya langsung mendapat email bahwa saya di approve (jam sepuluhan) oleh GA, yess.

Mendaftar di Akun Non-Hosted
Kurang lebih satu bulan lah ketika saya sudah di approve oleh GA dan telah menampilkan iklan-iklan di blog saya, serta berharap kalian mau klik tuh iklan. Berikutnya saya menjadi sedikit sombong gitu teman-teman, saya melihat di grup-grup yang ada di sosial media tentang keluhan-keluhan sesama blogger yang tidak kunjung di approve oleh GA, dan memberikan nasihat-nasihat seolah udah pro banget gitu, padahal PO (Pay Out) aja belum ya you know lah ya, hahaaaa.

Berikutnya, karena saya udah bener-bener tertarik sama dunia per-blog-an ini, lantas saya ingin blog saya lebih baik lagi tentunya, hingga di awal Januari 2018 lalu saya membeli domain sendiri dan munculah si eransa.com ini. Terlihat keren aja ketika blog kamu udah mulai menggunakan domain sendiri yang tentu saja akan membuat semangat nulis jadi bertambah, namun GA saya jadi ngga aktif karena akun yang ada merupakan akun GA yang hosted, jadi saya harus mendaftarkan ulang blog saya. Kala itu saya sempat mengubah template saya sebelum mendaftarkannya kembali ke GA, agak berantakan bentuknya memang, sehingga saya mendapat penolakan yang ke sembilan kali nya oleh GA, hahaaaaa. Tapi itu tidak membuat saya kecil hati teman-teman, secara udah sering ditolak kok, jadi ngga terlalu sakit lagi.:P

Setelah beberapa artikel saya terbitkan pasca penolakan yang ke sembilan itu,  berikutnya saya tersadar bahwa memang benar  tampilan blog saya jadi aneh dan gak enak dilihat, dan tentu saja saya rubah kembali seperti yang sekarang. Dan taraaaaaaaaaaaaaaa, saya daftarin lagi ke GA langsung di approve, muncul deh tuh iklan si kece GA.

Jadi teman-teman, yang ingin saya beritahukan kepada kalian adalah, untuk di approve nya blog kita oleh Adsense, maka penting bagi teman-teman memperhatikan tampilan blog, jumlah artikel pun saya yakin sangat berpengaruh, masalah umur sih menurut saya tidak terlalu ikut perperan namun jangan di sepelekan. Berikutnya, ketika teman-teman mengajukan permohonan ke GA, maka GA akan memberikan kode iklan sebagai bahan mereka untuk menganalisa blog kita, maka jangan sampe lupa untuk meletakan kode iklan tersebut pada tempat yang strategis.

Nah itu lah tadi teman-teman, tentang pengalaman saya di approve oleh si Google Adsense (GA), silahkan tulis di komentar jika ada yang ingin ditanyakan, terimakasih sudah membaca.


8 comments:

  1. Replies
    1. balesan email cinta dari google adsense nya? tunggu aja, mereka bakal ngasih keputusan approve atau ngga nya biasanya dalam 3 hari-an gan, sembari nunggu ngepost aja terus.

      Delete
  2. GA ya, akapan ya PD ikutan daftar hehe...kan katanya susah-susah gampang gitu Rik. Makasih sudah berbagi ilmu, nanti kalau mau daftar GA bisa nih tanya-tanya dengan Erik ehhe

    ReplyDelete
  3. heheh... banyak pengalaman teman2 blogger tentang adsense ya, banyak yang berkali-kali ditolak tapi ttp nyoba lagi... wah keren ya selamat kak udah keterima GA ^^

    ReplyDelete
  4. Barakkallah..saya malah belum pernah coba melamar si GA, nyadar diri gue..haha

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya ya mas, manfaat bener

    ReplyDelete
  6. Wah pantang menyerah banget ya kak. Hehe. Salut. Emang sih pengalaman bikin kita kuat. Ditolak berkali-kali, nanti bakal dapat juga kok :D

    ReplyDelete
  7. Wah pantang menyerah banget ya kak. Hehe. Salut. Emang sih pengalaman bikin kita kuat. Ditolak berkali-kali, nanti bakal dapat juga kok :D

    ReplyDelete

Follow by Email