Monday, January 1, 2018

Wow !!! Ini Dia 8 Langkah Mendapatkan Kaca Mata Gratis Dari BPJS

Hallo teman-teman semua, selamat datang kembali di eransa.com, ini adalah tulisan atau artikel pertama saya di tahun 2018, yey selamat tahun baru semua. Semoga kalian semua teman-teman yang masih pada jomblo cepet kawin dan semoga kawin nya di tahun ini, aminnnn.

Baik untuk mengawali tahun yang baru, maka pada artikel ini saya akan membagikan suatu informasi ke pada kalian semua, yups informasi yang sepele namun menurut saya sih bermanfaat, yaitu tentang kaca mata.
kaca mata

Eits tunggu dulu, bukan tentang fashion atau sebagainya, yaitu bagaimana cara mendapatkan kaca mata dengan gratis-tis-tis..

Baik langsung aja, buat kalian nih yang saat ini tengah menderita kerusakan lensa mata akibat perilaku hidup yang kurang baik sehingga mengakibatkan mata menjadi minus, plus, atau bahkan silinder, saya akan memberi tahu kan kalian bagai mana cara untuk mendapatkan alat bantu penglihatan dengan gratis, yups gratis !!!!

Kaca mata merupakan salah satu dari dua cara untuk membuat mata teman-teman dapat melihat dengan jelas kembali selain dengan operasi pada kerusakan yang di deritanya. Kerusakan mata ini merupakan akibat dari kelalaian teman-teman dalam menjaga kesehatan mata, mulai dari penggunaan alat komunikasi (hp) yang berlebihan, kebanyakan nge game, membaca di tempat yang minim cahaya, dan sebagainya.

Yang paling umum di derita dari kelalaian dalam menjaga kesehatan mata ini adalah rabun jauh (miopi), nah bagi kalian yang menderita rabun jauh ini maka akan kesusahan melihat objek-objek yang terletak pada jarak tertentu, hal ini diatasi dengan kaca mata berlensa minus. Berikutnya adalah rabun dekat (hipermetropi), nah ini nih yang lumayan ribet karena susah untuk melihat objek dekat, kan gak mungkin yah misalnya mau ngobrol sama orang terus orangnya di suruh menjauh dulu biar tahu siapa yang diajak bicara, bagi penderita penyakit ini maka dapat diatasi dengan kaca mata plus. Terus yang terakhir itu adalah mata (silinder), untuk info nih bagi kalian yang belum tahu bahwa mata silinder ini yang paling bikin geram, karena penderita nya akan melihat suatu obejek menjadi berbayang seperti jurus andalannya si Naruto, hikss.

Mengatasi ketiga permasalahan kesehatan mata tersebut biasanya akan disarankan oleh dokter mata untuk menggunakan kaca mata, namun tentu saja hal ini bukan suatu yang sepele karena harga suatu kaca mata yang rata-rata diatas 100K menjadi kendala tentu saja bagi sebagian orang. Namun tenang saja, di balik setiap kesusahan selalu ada jalan keluar yang dapat membantu, dalam hal ini adalah BPJS.

Nah BPJS akan membantu teman-teman untuk mendapatkan kaca mata sesuai dengan kebutuhan mata teman-teman sekalian. Untuk mendapatkan pelayanan ini maka teman-teman harus mengikuti prosedur berikut:


Pertama, silahkan teman-teman mengunjungin faskes tk 1 (fasilitas kesehatan tingkat 1) yang telah teman pilih ketika daftar BPJS untuk mengecek keadaan mata teman-teman, jika keadaan normal maka kalian tidak perlu menggunakan kaca mata, namun jika menurut dokter pada faskes tk 1, terdapat permasalahan pada mata kalian, maka teman-teman akan diberikan surat rujukan guna menemui dokter spesialis mata.

Kedua, silahkan temui dokter mata yang ada di RS tujuan kalian dengan membawa rujukan tersebut, kartu BPJS, KTP, dan KK sebagai pelengkap, berikut nya lakukan pendaftaran.

Ketiga, setelah semua persyaratan kalian siap dan antrian kalian telah menghampiri, silahkan ceritakan kepada dokter tersebut tentang keluhan mata teman-teman dan berikutnya akan di periksa tuh sama sang dokter.

Keempat, jika mata teman di nyatakan bermasalah (minus, plus, silinder) maka berikut nya akan di berikan resep untuk pembuatan kaca mata itu.

Keliama, setelah mendapati resep kaca mata dari dokter, silahkan teman-teman temui petugas administrasi rumah sakit atau petugas BPJS rumah sakit guna mendapatkan surat egibilitas peserta (SEP) yang nantinya digunakan untuk acc pembayaran kaca mata teman-teman.

Ketuju, setelah semua nya lengkap silahkan teman-teman mendatangi kantor pusat BPJS setempat guna mendapat ACC pengbiayaan pembelian kaca mata, besar jumlah biaya yang di berikan ini tergantung dari kelas yang ada di kartu BPJS teman-teman. Untuk Kelas 1 maka biaya yang akan di tanggung adalah sebesar RP. 300.000, kelas 2 sebesar Rp. 200.000, kelas 3 sebesar Rp. 150.000

Kedelapan, silahkan teman temukan optik yang bekerja sama dengan BPJS guna mendapatkan kaca mata yang nanti nya dapat teman manfaatkan sebagai alat bantu penglihatan.

Nah teman, itulah tadi ke delapan langkah mendapatkan kaca mata gratis dari BPJS, mudah kan?
Semoga artikel ini membantu teman-teman, dan jangan lupa di bagikan yah. Oh iya, prosedur diatas merupakan prosedur umum yang tentu saja bisa berbeda-beda tiap daerah.
Silahkan tuliskan dikomentar jika ada yang ingin teman-teman ditanyakan, Terima kasih, semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. udah beli kaca mata, tapi kurang pas sm framenya hmm. kyknya kudu ambil kesempatan gratis ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo pop, manfaatin kartu BPJS nyaa :D ...

      Delete
  2. Kak, prosedur di atas apakah berlaku juga untuk kita yang mau ganti kacamata, misal kacamatanya rusak, atau lensa tidak cocok lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. prosedur tersebut juga berlaku untuk mereka yang ingin mengganti kaca mata nya, namun dengan catatan bahwa dalam pembelian kaca mata lama (dengan BPJS) telah lewat 2 tahun..

      Delete

Follow by Email