Monday, December 18, 2017

Pengertian Fungsi Komposisi Dalam Matematika

Fungsi komposisi merupakan salah satu sub bab yang di pelajari dalam matematika, biasanya di ajarkan di kelas 11 semseter 2, fungsi komposisi ini membahas mengenai domain, kodomain, pemetaan atau relasi. Dalam artikel ini akan saya berikan pengertian dari semua itu dengan cara penyampaian yang mudah di mengerti, hal ini agar dapat di pelajari langsung oleh teman-teman yang masih duduk di bangku SMA, dijadikan bahan penjelasan untuk orang tua murid guna membantu anaknya belajar, atau di jadikan bahan referensi bagi tenaga pendidik.

fungsi komposisi

Fungsi komposisi adalah pemetaan setiap anggota sebuah himpunan asal (domain) ke anggota himpunan hasil (kodomain).

Nah teman-teman, secara garis besar kalimat di atas merupakan pengertian dari fungsi komposisi dalam matematika, namun apakah itu pemetaan? apakah itu komposisi? apakah itu domain ? dan apakah itu kodomain ? terus apa gunanya belajar materi komposisi?
Ke lima pertanyaan itu, merupakan permasalahan saya dulu ketika pertama kali belajar tentang fungsi komposisi, saya sedikit missed dengan maksud-maksud dari pertanyaan-pertanyaan diatas, sehingga agar itu tidak terulang kembali oleh teman-teman sekalian, maka penting rasanya untuk saya informasikan kepada kalian.

Baca Juga : Cara Mengubah Video Menjadi Musik

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa fungsi komposisi merupakan suatu pemetaan, namun apakah itu komposisi dan pemetaan?
Komposisi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah susunan, dan  pemetaan ini merupakan suatu relasi, sedangkan relasi menurut KBBI adalah hubungan, sehingga bisa kita tarik kesimpulan bahwa pemetaan adalah suatu hubungan. Jika kita berbicara hubungan maka kita akan terlibat antaraa dua objek, karena yang namanya hubungan pasti lebih dari satu.
Dari pengertian fungsi komposisi yang telah kita definisikan diatas maka dapat kita ketahui bahwa fungsi ini menghubungkan suatu himpunan ke himpunan lain, yaitu domain dan kodomain.

Domain adalah himpunan asal, sedangkan kodomain adalah himpunan hasil, maka sebenarnya fungsi kompisi ini adalah suatu materi yang mempelajari bagai mana cara mencocokan satu objek/himpunan (asal) ke obek/himpunan lain (hasil).
Baik teman-teman, sampai disini kita telah menjawab empat ,dari lima pertanyaan yang perlu untuk di ketahui jawabannya sebelum masuk ke materi fungsi komposisi, hingga tibalah kita ke pertanyaan terakhir tentang apa sih sebenarnya guna belajar materi komposisi ini?
Kita akan berbicara mengenai guna dari pembelajaran fungsi komposisi, maka ini akan sama hal nya jika saya katakan bahwa saya akan memberi tahukan tentang penggunaan fungsi komposisi dalam ke hidupan sehari-hari.

Contoh fungsi komposisi ini dalam kehidupan sehari-hari adalah pada proses mendaur ulang logam, dimana pecaham logam campuran akan di hancurkan menjadi serpihan yang lebih kecil sehingga akan terdeteksi antar logam magnetik dan unsur besi, kedua unsur ini akan dipisahkan untuk kemudian masing-masing diolah kembali, nah pemisahan dan pemilihan biji logam ini adalah prinsip fungsi komposisi.

Nah teman-teman sekalian, sudah jelas bukan tentang pengertian awal dari fungsi komposisi?
Pada artikel berikut pada kategori pendidikan akan saya bahas mengenai materi fungsi komposisi dalam pembelajaran.
Semoga bermanfaat, terimakasih.

2 comments:

  1. Jadi tahu fungsi komposisi dalam matematika nih, di sma dulu tahunya belajar saja sekarang jadi bisa lebih paham

    ReplyDelete
  2. Wah makasih infonya erik... Jadi belajar matematika nii

    ReplyDelete

Follow by Email