Saturday, December 2, 2017

Fasilitas Umum Di Bengkulu Banyak Hilang, Tiang Lampu Jalan Sawah Lebar Kemana ???

Bengkulu-Sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia, Bengkulu turut aktif dalam pembangunan-pembangunan fasilitas umum, hal ini dapat terlihat dari banyaknya proyek yang tengah di galang oleh pemerintah untuk mempercantik kota bunga Raflesia ini. Mulai dari pembangunan objek jembatan wisata yang ada di Pantai Panjang, pembangunan Taman Digital yang ada di simpang lima, pelebaran jalan yang ada di Rawa Makmur, hingga pemasangan tiang lampu penerang jalanan yang ada di Sawah Lebar.

tiang lampu jalan
Tiang lampu Jalan Sawah Lebar
Dalam artikel ini, saya akan coba membahas mengenai salah satu dari berbagai pembangunan tersebut, yaitu tiang lampu jalan yang ada di Sawah Lebar. Tentu teman-teman yang bersal atau berdomisili di Bengkulu sudah familiar pastinya dengan lampu penerang yang pernah hits beberapa waktu lalu ini bukan. Lampu-lampu penerangan yang berjejer rapi ini memang terlihat sangat menarik teman, tak hayal tiang-tiang lampu penerangan ini dijadikan tempat nongkrong bagi anak-anak muda hingga dijadikan destinasi wisata dadakan yang cukup unik, ini terlihat dari cukup banyak nya warga yang mengabadikan foto disana.
Tiang Lampu Jalan
Tiang Lampu Jalan Terlihat Menarik Dimalam Hari
Terlihat menarik bukan? yah itu adalah foto saya ketika mencoba mengikuti trend foto yang lagi hits-hits nya. Tiang lampu yang seukuran kurang lebih 2 meteran ini memiliki 2 sisi ruang yang masing-masingnya tersemat satu bola lampu berwarna putih, bola-bola lampu itu di lindungi oleh kaca dan tulang-tulang pelindung yang terbuat dari alumunium. Tiang lampu ini di percantik dengan ukiran-ukiran yang terlihat klasik di bagian bawah pelindung bola lampu nya, kemudian di cat dengan warna hitam menjadi kan tiang-tiang lampu ini terlihat mewah.

Tiang-tiang lampu ini dipasang sepanjang jalan Meranti (simpang tiga Sawah Lebar) hingga jalan Dempo (simpang tiga Univ Daehasen) Yang memiliki jarak kurang lebih 450 Meter, ini saya ukur menggunakan google maps seperti gambar di bawah ini.

jarak tiang lampu bengkulu
Perkiraan Jarak Pemasangan Tiang Lampu
Jika misalnya, tiang-tiang lampu itu dipasang per 10 meter maka di setiap sisi jalan akan terpasang 45 tiang lampu, itu berarti untuk ke dua sisi jalan maka jumlah yang terpasang adalah 90 (kemungkinan lebih, karena jarak 10 meter / tiang itu terlalu jauh), saya tidak terlalu mengerti akan harga pasar untuk alumunium, kaca, dan bola lampu, namun jika kita ambil kotor bahwa setiap tiang itu membutuhkan dana sekita Rp. 500.000,- maka total biaya yang di butuhkan adalah 90 x Rp. 500.000,- yaitu Rp. 45.000.000, belum termasuk biaya semen, transportasi dan biaya tukang (Sekali lagi, ini hanya perhitungan kotor).

Baik teman-teman, dengan biaya sebesar itu memang pemerintah telah membangun tiang-tiang lampu yang terlihat menarik, tetapi permasalahannya adalah, dimana tiang-tiang itu sekarang? Sebagian besar dari tiang-tiang itu telah rusak, bahkan hilang. Bayangkan betapa niatnya orang yang ingin mencuri tiang sebesar itu. Mungkin benar ketika kita berasumsi bahwa kurang nya perawatan dari pemerintah yang menjadi penyebab hilangnya tiang-tiang itu, tapi coba kita telaah kembali teman, kita sebagai warga masyarakat sudah kah ikut menjaga fasilitas-fasilitas umum? Berikut adalah beberapa foto rusak dan hilangnya tiang-tiang lampu.

Pelindung Bawah Lampu Hilang

Tiang Lampu Yang Hilang
Saya tidak bermasksud untuk menyalahkan siapa pun, namun pada artikel ini saya ingin mengajak teman-teman untuk sedikit memperhatikan apa sudah kita miliki, agar kedepannya provinsi Bengkulu ini dapat menjadi lebih baik lagi dan mampu bersaing hingga menjadi provinsi yang di contoh, semoga.
Nah itu lah tadi sedikit ulasan dari saya tentang fasilitas umum yang ada di Bengkulu ini, jika teman-teman punya opini atau pendapat lain, silahkan tulis di komentar. Terimaksih.

Baca Juga

11 comments:

  1. Iya sangat disayangkan ya, ketika pemerintahnya berusaha untuk menata kota. Malah SDM nya yang ga bisa menjaga. Di sawah lebar itu udah banyak yang copot tiang lampunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh itu lah PR besar kita yang paling susah untuk diselesaikan mbakk,

      Delete
  2. Yah blm sempat ngelihat dan foto udah hilang aja...... :(

    ReplyDelete
  3. Peer besar untuk semua agar bisa menjaga saraba yang sudah ada

    ReplyDelete
  4. wah.. sayang banget ya, padahal sebelum sepanjang jalan sawah lebar bercahaya deg adanya lampu2 itu

    ReplyDelete
  5. Bener kak. Itu tanggung jawab bersama untuk menjaga fasilitas umum di kota Bengkulu. Sayang sekali, kalau fasilitas yang sudah dibikin jadi lebih baik malah rusak oleh tangan-tangan jahil

    ReplyDelete
  6. Duh sayang bgt nih, seharuanya yg beginian hrus dijaga dan dirawat. Edukasi ke masyarakat emang butuh biar memiliki kesadaran utk merawat fasilitas yg ada

    ReplyDelete
  7. Sedih ya kak, padahal fasilitas umum seperti ini harusnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.. Perlu sosialisasi lagi ke masyarakat nih.

    ReplyDelete
  8. Menjaga fasilitas umum adalah tugas bersama, saya gak nyangka kalau tiang listrik aja bisa hilang. Duh :(

    ReplyDelete

Follow by Email