Thursday, November 23, 2017

Ini Dia Alasan Mahasiswa Terlambat Menyusun Skripsi dan Antisipasinya.

Skripsi merupakan suatu tugas akhir yang di bebankan kepada seluruh mahasiswa tingkat akhir tanpa terkecuali, yah ini merupakan suatu syarat agar seorang mahasiswa resmi dinyatakan sebagai sarjana. Sama dengan posisi tugas nya yang di berikan di akhir perkuliahan, skripsi ini memiliki tingkat kesulitan yang lumayan berat. Skripsi ini biasanya diperbolehkan bagi seorang mahasiswa untuk menyusunnya jika telah berada di semseter 7, atau jumlah SKS yang di bebankan kepada mahasiswa tersebut telah cukup dan memenuhi standar yang di haruskan (jumlah SKS ini biasa nya tergantung jurusan dan universitas nya).
cara mudah menyusun skripsi

Cara menyusun skripsi ini memang perlu sangat diperhatikan karena ini merupakan suatu tugas dimana seorang mahasiswa di wajibkan untuk melakukan penelitian terhadap suatu masalah atau kondisi tertentu, dalam pengerjaannya (skripsi) biasanya para mahasiswa membutuhkan waktu yang lebih lama dari tugas-tugas perkuliahan seperti bisanya, berkisar antara 4 hingga 6 bulan ( satu semester) atau bahkan lebih, tergantung dengan mahasiswa itu sendiri dalam pengerjaannya. Terdapat berbagai hal biasanya yang membuat seorang mahasiswa menjadi lambat dalam pengerjaan tugas akhir tersebut, nah dalam artikel ini saya akan membahas hal itu agar teman-teman yang baru akan menulis skripsi bisa lebih efisien waktu.

Malas
Malas ini merupakan musuh terbesar manusia, malas ini dapat meliputi berbagai hal termasuk dalam penyusunan tugas akhir (skripsi). Suatu kondisi yang dapat membuat kita merugi (malas) ini biasa nya mulai terjadi ketika seseorang telah jenuh terhadap sesuatu ( perkuliahan). Hey sadar, ini adalah langkah terakhir, setelah ini selesai bagi kalian yang sudah jenuh kuliah, kalian akan terbebas. Setidaknya itu adalah hal yang dapat kalian tanamkan ke diri kalian jika rasa itu telah muncul.

Gak Faham
Bagai mana mungkin seorang yang sudah sampai semester 7 bisa tidak faham menyusun skripsi?. Baik teman-teman, tidak faham ini maksudnya adalah tentang materi penelitian yang telah kita angkat untuk menjadi bahan skripsi kita. Yah walau terkadang menurut pengalaman saya, banyak juga teman-teman mahasiswa yang tidak faham akan metode  penyusunan skripsi. Pertanyaan nya adalah kenapa judul itu dipilih jika tidak faham?. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, mulai dari ingin terlihat keren dengan judul yang super susah atau tidak sengaja menyajukan judul tersebut dan ternyata di ACC, hahahaaa. Nah mulai sekarang sebaiknya fahami dan pelajari dulu apa yang akan kamu angkat menjadi judul kamu.

Tidak Ada Teman Lagi
Ini biasanya terjadi bagi mahasiswa yang telah melalui ambang batas perkuliahan, yah semacam mahasiswa kesayangan lah yah, yang kira-kira terlihat seperti belum rela meninggalkan kampus. Dari beberapa mahasiswa yang saya kenal (maaf), hal ini menjadi suatu masalah ketika teman seangkatan sudah mulai menghilang satu persatu dari peredaran kampus alias tamat. Mereka seakan malu untuk bertemu dengan dosen pembimbing dan seperti memiliki beban mental yang sangat berat. Nah untuk kalian yang baru akan menyusun skripsi sebaiknya mesti mulai memikirkan hal ini, jangan sampai kalian masuk dalam kondisi ini.

DoPing Killer
Dosen Pembimbing (DoPing) yang killer bisanya turut andil dari alasan kenapa seorang mahasiswa mengalami keterlambatan dalam menyusun skripsi ini. Banyak mahasiswa yang dari rumah sudah memiliki semangat 45 yang begitu membara ingin bimbingan, tetapi urung atau batal setelah melihat wajah sang doping. Hey, dia itu manusia juga, tenang aja. Ingat, syaiton itu mempengaruhi manusia dari dua jalan, yaitu takut dan marah. Jadi kalo kamu takut, berarti kamu kalah sama syaiton. Lagian tuh DoPing gak bakal bunuh kamu juga kan, tenang aja.

Nah itu dia tadi yang menurut saya hal paling besar penyebab seseorang mengalami keterlambatan dalam penyusunan skripsi, jadi buat teman-teman yang baru akan menulis skripsi, hati-hati terhadap hal-hal tersebut ya.
Semoga bermanfaat, jangan lupa berbagi.

Baca Juga

3 comments:

Follow by Email