Tuesday, August 30, 2016

Empat Penyebab Adanya Pasar Subuh Di Indonesia



Jika kita mulai berbicara tentang keunikan yang ada di Indonesia, maka tidak akan begitu banyak hal yang kita temukan. Begitu banyak budaya di Indonesia yang dapat menarik jiwa kita untuk menelusurinya. Dalam pembahasan ini kita akan berbicara mengenai ke unikan tersebut, yaitu salah satu dari pasar yang ada di Indonesia.


Pasar, sebuah lokasi yang di jadikan sebagai tempat untuk melakukan transaksi jual-beli barang atau pun  jasa. Proses tawar menawar, selalu terjadi di tempat yang ramai pengunjung ini.

Pasar biasanya identik dengan kaum hawa yang mencari bahan-bahan yang bermanfaat untuk keluarganya, tak hayal banyak kepala yang menjadikan pasar sebagai sumber utama pencarian.

Di Indonesia sendiri, jika kita berbicara tentang pasar, maka sangat banyak keunikan yang akan kita temui.

Salah satu dari banyak  keunikan yang akan kita temui jika kita berbicara tentang pasar yang ada di Indonesia adalah pasar subuh, pasar ini  selalu ada hampir di setiap daerah di Indonesia.

Tahukah teman-teman sekalian bahwa pasar subuh ini adalah salah satu pasar yang paling banyak di kunjungi oleh pembeli???? Nah bagi teman-teman sekalian yang ingin mencoba untuk berbisnis di dunia jual-beli, ini merupakan rekomendasi tempat yang sangat bagus.

Keberadaan pasar subuh di suatu wilayah ini biasanya di pengaruhi oleh beberapa penyebab, tergantung dari keadaan tempat tersebut. Tetapi umumnya, terdapat 4 penyebab utama keberaan pasar subuh di Indonesia, berikut penjelasannya.

1. Menjaga Kesegaran


Tingkat kesuburan tanah yang ada di Indonesia yang sangat luar biasa membuat banyak penduduk memanfaatkannya sebagai sumber utama pencaharian, yaitu bertani. Pangan yang di hasilkan oleh petani Indonesia bisa dikategorikan sebagai sumber pangan terbaik, sehingga banyak diminati oleh para penikmat sayur. Untuk menjaga kualitas sayur ini biasanya pembeli memesan sayur ke petani sebelum di petik atau di panen. Namun, cara seperti ini tidak terlalu menguntungkan bagi petani, karena hanya beberapa sayurnya saja yang akan di beli oleh konsumen. Untuk mengantisipasi hal tersebut biasa nya petani langsung menjual sayur yang dimilki nya sendiri. Nah ini lah alasan mengapa banyak petani atau penjual yang menjajahkan produknya di pasar subuh, yaitu untuk menjaga kualitas produknya serta mendapatkan untung yang lebih.

2. Lebih Efektif Waktu


Memanfaatkan waktu sebaik mungkin merupakan suatu yang harus selalu di lakukan oleh siapapun, hal ini pun berlaku untuk para penjual atau pembeli. Bagi para penjual lebih cepat mereka berjualan, maka kemungkinan barang dagangan nya laris akan lebih besar. Sedangkan untuk pembeli, mendapatkan barang dengan kualitas terbaik prioritas, hal ini dapat dilakukan dengan memilih sendiri barang yang akan di beli. Nah sobat, ini dia alasan berikutnya tentang keberadaan pasar subuh.

3. Banyak Pembeli


Sama hal nya dengan alasan yang sebelumnya, banyak pembeli datang kepasar subuh untuk mendapatkan produk yang di inginkannya dengan kualitas terbaik, sehingga ketika pasar subuh di mulai maka konsumen atau pembeli akan sangat banyak.

4. Antisipasi Cuaca


Pengunjung atau pembeli biasanya akan berkurang jika cuaca sekitar tidak cerah atau bahkan hujan, sehingga pendapatan dari para produsen akan berkurang. Untuk itu para penjual menjajahkan barang dagannya di dua waktu, yaitu subuh dan sore hari. Para pedagang akan berjualan di waktu subuh guna mengantisipasi cuaca jelek di sore hari.


Itu dia ke empat alasan yang menurut saya sebagai alasan utama adanya pasar subuh di Indonesia, teman-teman punya pendapat lain?  Mari kita saling berbagi.

0 komentar:

Post a Comment

Follow by Email